Jambekspres.co.id

Marhaban Rabiul Awwal, Ini Beberapa Peristiwa Penting di Bulan Ini

JAMBI, bungopos.com - Rabiul Awal merupakan bulan ketiga dalam kalender Hijriyah. Bulan ini bermakna bulan awal atau permulaan musim semi. Malam ini (malam Ahad) umat Islam memasuki 1 Rabiul Awal 1445 H atau bertepatan Ahad, 17 September 2023 menurut kalender Masehi. Banyak peristiwa penting yang terjadi pada bulan ini, beberapa peristiwa penting tersebut yakni sebagai berikut : 

BACA JUGA: Halalkah Uang Hasil Bisnis Dengan Non Muslim ? Ini Jawabannya

1. Lahirnya Nabi Muhammad SAW

Peristiwa yang paling penting terjadi di bulan Rabiul Awal adalah kelahiran Nabi Muhammad SAW, yang dikenal sebagai Maulid Nabi. Meskipun nabi Muhammad lahir pada 12 Rabiul Awal, tetapi tradisi Islam merayakan Maulid Nabi dilakukan selama bulan Rabiul Awal ini. Didalam buku  “Mengenal Nama Bulan dalam Kalender Hijriyah” terbitan Balai Pustaka, Nabi Muhammad SAW diketahui lahir pada 12 Rabiul Awal tahun gajah yang bertepatan dengan 23 April 571 Masehi. 

BACA JUGA: Kamu Cinta Matematika ? Ternyata Penemu Angka Dalam Matematika Seorang Ulama, Ini Sosoknya

2. Hijrah Rasulullah SAW

Dalam bulan Rabiul Awal, juga terjadi peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dari Makkah ke Madinah. Ini terjadi pada bulan Rabiul Awal tahun 622 Masehi. Nabi masuk ke ke kota Madinah tepatnya pada Senin 22 Rabiul Awal SH 1 (4 Oktober 622 M).

 

3. Diangkatnya Nabi Muhammad SAW Sebagai Nabi

Di bulan Rabiul Awal ini juga Sayyidina Muhammad diangkat sebagai nabi berdasarkan wahyu yang diperolehnya melalui mimpi. Enam bulan kemudian, beliau menerima wahyu dalam keadaan terjaga di Gua Hira.

BACA JUGA: Bolehkah zikir Sambil Main Handphone ? Ini Jawabannya

4. Wafat Nabi Muhammad SAW 

Kepergian Nabi Muhammad SAW di usianya yang ke 63 tahun lebih empat hari, sungguh meninggalkan duka yang sangat mendalam bagi para sahabat dan seluruh umat Islam. Dikutip dari buku Sirah Nabawiyah karya Syaikh Shafiyyurrahman Al Mubarakfuri, Nabi Muhammad SAW telah menujukkan tanda-tanda perpisahan ketika beliau sedang melaksanakan haji wada'. Dan setelah itu, kesehatan Nabi Muhammad SAW sudah mulai menurun.

BACA JUGA: Pekerjaan Mengemis Haram, Ini Beberapa Profesi Terbaik DilakoniHari Kamis, tepat empat hari sebelum kepergiannya tanggal 17 Rabiul Awwal, sakit yang diderita oleh Nabi Muhammad SAW tidak kunjung membaik. Di tengah sakitnya, Nabi Muhammad SAW tetap mengimami shalat lima waktu. Namun, menjelang shalat Isya kondisi Nabi Muhammad SAW semakin bertambah parah, sehingga beliau tidak sanggup lagi untuk pergi ke masjid. Dan beliau meminta Abu Bakar untuk menggantikannya sebagai imam.Saat sudah memasuki waktu dhuha dan cuaca mulai terasa panas, Rasulullah SAW berpulang kepada Kekasih Yang Mahatinggi, kembali ke haribaan Ilahi.Rasulullah SAW tutup usia pada tanggal 8 Juni 632 M (12 Rabi'ul Awal tahun 11 Hijriah), di Madinah, Arab Saudi.

BACA JUGA: Anda Pedagang ? Ini Beberapa Jual Beli yang Dilarang Dalam Islam

 

5. Diangkatnya Abu Bakar Khalifah Pertama Pengganti Rasulullah

Pada hari Rasulullah wafat, para sahabat selain sedih juga khawatir mengenai kekosongan pemerintahan umat Islam. Maka, setelah melalui musyawarah mufakat para sahabat setuju untuk mengangkat Abu Bakar sebagai khalifah menggantikan posisi Rasulullah SAW sebagai kepala pemerintahan. Abu Bakar diangkat pada hari wafatnya Rasulullah di bulan Rabiul Awal.

BACA JUGA: Haramkah Syair dan Musik ? Ini Penjelasan Habib Umar

 

Demikianlah beberapa peristiwa penting dibulan Rabiul Awwal, semoga bermanfaat. 

 

 

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya