ILUSTRASI : Foto ulama besar Al Khawarizmi

Kamu Cinta Matematika ? Ternyata Penemu Angka Dalam Matematika Seorang Ulama, Ini Sosoknya

JAMBI, bungopos.com - Bagi sebagian kita, matematika merupakan pelajaran yang sangat menakutkan. Ilmu matematika ini dipengaruhi oleh angka-angka, termasuk didalam adalah angka nol. Angka Nol ini ternyata penemunya adalah seorang ulama besar yang hidup di era dinasti abbasiyah. Era dinasti ini dikenal puncaknya kejayaan ilmu pengetahuan di dalam Islam. 

Ulama besar yang menjadi penemu angka nol tersebut yakni Muhammad bin Musa al Khawarizmi. Beliau  berkebangsaan Persia, yang sering disebut bapak aljabar. Diperkirakan beliau lahir tahun 194 H/780 M, tepatnya di Khaarizm, Uzbeikistan. Karena itulah beliau kerap disapa dengan panggilan Khawarizmi.

Beliau wafat  sekitar tahun 850 di Baghdad. Salah satu prestasi utamanya adalah  penemuan Aljabar. Kepiawaiannya ini membuat ia menjadi pengajar di sekolah kehormatan di Bagdad Irak. Tak hanya menemukan Aljabar, beliau juga ahli dalam Ilmu Falaq (ilmu Astronomi) yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang peredaran benda-benda langit.

Beliau pun menulis buku tentang Ilmu Falak yang berjudul Zīj Al-Sindhind “tabel astronomi”.  Ternyata Al-Khawarizmi juga adalah seorang ahli Bumi. Bukunya kitab surat al-Ardi telah menjadi dasar Ilmu Bumi Arab. Oleh Abdul Fida, seorang ahli ilmu Bumi.

Demikianlah biografi singkatnya semoga bermanfaat. 

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya
Sumber: Buku 105 Penemu dan Perintis Dunia Tulisan Badiatul Muchlisin Asti dan Junaidi Abdul Munif