Habib Umar

Haramkah Syair dan Musik ? Ini Penjelasan Habib Umar

JAKARTA, bungopos.com - Dalam safari dakwahnya di Indonesia, Habib Umar bin Hafidz sempat mengunjungi beberapa kota di Indonesia. Termasuk salah satunya Jakarta. Dalam kesempatan pengajiannya di kawasan Jakarta, Habib Umar menerangkan hukum musik dan syair. 

Menurutnya, para pemusik adalah orang-orang yang bekerja pada bidang yang berhubungan dengan cita, rasa, dan batin seseorang. Sehingga para pemusik ini mempelajari apa yang menjadikan orang nyaman, baik itu  melalui suara-suara maupun dengan syair-syair.

“Sebab bermain dengan perasaan, maka dia harus tahu apa yang membuat orang paling nyaman. Bukan cuma musik saja, zikir pun juga, doa pun juga, ibadah pun juga,” jelasnya dalam sebuah video yang diunggah di kanal Youtube Nabawi TV, Senin (21/8/2023).

BACA JUGA: Syafar adalah Bulan Kedua Tahun Islam, Berikut Peristiwa Besar di Bulan Ini

Habib Umar mengingatkan para pemusik untuk tidak menggunakan alat-alat yang memang diharamkan dalam syariat. Sebaliknya, mereka boleh menggunakan alat-alat musik yang dihalalkan. Terkait syair-syair yang digunakan, Habib Umar juga mengingatkan para pemusik untuk menggunakan syair yang membangkitkan kebaikan.

BACA JUGA: Para Jomblo Wajib Tahu, Ini lho 5 Daerah Penghasil Wanita Tercantik

BACA JUGA: Pekerjaan Mengemis Haram, Ini Beberapa Profesi Terbaik Dilakoni
“Apabila yang dia bangkitkan adalah hal-hal yang buruk, sehingga bangkit keinginan yang lebih buruk, ataupun juga berisi ucapan-ucapan yang buruk, mengajak kepada keburukan, maka itu diharamkan dan tidak baik,” jelasnya seperti yang dikutib dari NU online. (***)

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya