ilustrasi

Nantikan Laga Timnas VS Irak Pada Kamis Malam, Ini Dua Kota Yang Pernah Jadi Ibukota Kekhalifaan Islam di Irak

JAKARTA, bungopos.com - Sejarah Irak di mulai pada zaman paleolitik yang hidup di dataran mesopotamia, sekitar seribu abad yang lalu. Dataran subur ini di apit sungai Tigris dan sungai Eufrat. Agama islam dan bangsa arab masuk ke wilayah Irak pada masa khalifah Umar Bin Khattab pada 637 M, merekalah yang menyebut wilayah ini Irak, yang kemudian mendirikan dua kota penting yaitu Kufah dan kota Baghdad. Ini Dua kota di negara Irak yang jadi ibukota negara masa kekhalifaan Islam sebagai berikut : 

1. Kufah

Menjadi salah satu kota tua di irak. Awalnya wilayah ini di diami oleh bangsa Mesopotamia. Namun, sejak abad ke 7 M kota ini merupakan salah satu kota terpenting dalam sejarah peradaban islam, bahkan khalifah Ali bin Abi Thalib pun sempat memindahkan ibu kota pemerintahan islam ke kota Kufah. Tak hanya itu kota ini pun sempat menjadi pusat gerakan ilmiah islam yang telah melahirkan sejumlah ulama dan ilmuan islam. Sebut saja diantaranya Abu Musa Jabir yang dikenal sebagai pakar di bidang kimia.

2. Baghdad

Kota yang menyerupai layaknya ibu kota new york di era modern, Baghdad bisa di bilang sebagai ibu kota di dunia pada abad pertengahan. Ketika eropa di cengkeram kegelapan, Baghdad justru menjelma sebagai pusat peradaban terbesar, di bawah kekuasaan Dinasti Abbasiyah, kota ini mencapai keemasannya. Tak hanya itu Baghdad pun banyak melakukan aktivitas keilmuan. Kota tersebut juga di lengkapi fasilitas publik seperti perpustakaan, masjid, tempat bisnis, museum, dan juga rumah sakit. (***)

 

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://umroh.com/