ILUSTRASI : Penderita asam lambung

Asam Lambung Penyakit Membahayakan, Jaga Kesehatan Kamu Dengan Mengkonsumsi Buah Ini

JAMBI, bungopos.com - Penyakit Asam Lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah sebuah kondisi dimana terjadi rasa asam di belakang mulut, sakit perut bagian atas, batuk kering, sakit tenggorokan, kesulitan menelan dan biasanya terjadi disaat terlambat makan atau saat perut kosong.

BACA JUGA: Ini 11 Tips Sehat Jalankan Puasa Ramadhan

Secara umum penyakit asam lambung adalah gangguan pencernaan yang memengaruhi cincin otot antara kerongkongan dan perut. Otot kerongkongan bagian bawah yang melemah menyebabkan kerongkongan tetap terbuka. Ini membuat asam lambung naik kembali ke kerongkongan.

BACA JUGA: Ini Dia Lima Tips Agar Tubuh Anda Tetap Sehat

Istilah “gastroesofageal” mengacu pada perut dan kerongkongan. Refluks berarti mengalir kembali. Refluks gastroesofagus adalah ketika apa yang ada di perut kembali ke kerongkongan. Berikut ini ada beberapa buah terbaik yang bisa dikonsumsi oleh penderita asam lambung sebagai berikut : 

BACA JUGA: Rokok Elektrik Bakal Jadi 'Bom Waktu Kesehatan, Ini Bahayanya Lho !

Buah Yang Baik Untuk Penderita Asam Lambung
  1. Pisang
    Pisang menjadi buah yang bagus untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung dikarenakan memiliki kadar asam yang rendah.
    Selain itu pisang juga diyakini mampu melapisi kerongkongan yang mengalami iritasi akibat naiknya asam lambung dan juga membantu menetralkan gejala maag.
  2. Air Kelapa
    Air kelapa dikenal memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh, salah satunya mengandung mineral kalium dan berbagai senyawa yang membantu kelancaran sistem pencernaan. Sehingga, buah ini cocok dikonsumsi bagi Anda yang sering mengalami gejala GERD.
    Selain itu, air kelapa juga dapat menjaga suhu tubuh tetap normal serta menghambat peradangan pada lambung. Anda dapat mengonsumsi kelapa secara rutin untuk merasakan manfaatnya secara maksimal.
  3. Semangka
    Semangka terkenal akan kandungan airnya yang cukup tinggi. Di mana hal tersebut baik untuk membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh sekaligus menetralkan asam lambung. Selain baik untuk asam lambung, semangka juga menjadi salah satu sumber likopen yang turut berperan dalam mencegah kerusakan sel-sel tubuh.
  4. Alpukat
    Alpukat merupakan salah satu buah yang dapat diolah menjadi berbagai varian makanan atau minuman seperti jus, campuran es buah, atau sebagai isian roti lapis.
    Beruntungnya, alpukat tergolong dalam buah rendah asam sehingga aman dikonsumsi oleh penderita GERD dan maag. Bagi yang masih bingung, Anda bisa memahami perbedaan maag dan GERD di sini.
  5. Melon
    Melon juga merupakan buah untuk penderita asam lambung yang sangat direkomendasikan. Bukan tanpa alasan, buah melon memiliki kandungan mineral magnesium yang membuatnya bersifat basa. Sehingga, Anda tak perlu khawatir atau takut asam lambung akan naik setelah makan buah satu ini. Selain itu, rupanya melon juga mengandung kalium yang baik dikonsumsi untuk kesehatan jantung serta antioksidan yang membantu dalam pencegahan peradangan.
  6. Pepaya
    Bagi Anda yang sedang bertarung dengan gejala asam lambung, mengonsumsi pepaya bisa menjadi solusinya.
    Pepaya adalah salah satu buah rekomendasi untuk asam lambung yang dapat Anda coba. Pepaya mengandung enzim papain yang bermanfaat dalam melancarkan proses pencernaan sekaligus mempermudah penguraian protein, sehingga protein lebih mudah dipecah menjadi asam amino.
  7. Apel
    Buah untuk penderita asam lambung selanjutnya adalah apel. Hal ini dikarenakan apel merupakan buah yang kaya akan serat sekaligus menjadi sumber kalsium, kalium dan magnesium.
    Zat-zat tersebut rupanya cukup berperan dalam meredakan gejala asam lambung yang sedang Anda rasakan, seperti sakit maag. Meski begitu, Anda disarankan memilih jenis apel yang manis, karena apel berwarna hijau biasanya memiliki rasa cenderung asam dan sebaiknya dihindari. (***)
 
Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://umsu.ac.id/