SISTER CITY : Kota Bau-bau yang merupakan sister city dengan Kota di Korea Selatan

Ini Dia Suku di Indonesia yang Menggunakan Bahasa Korea

JAMBI, bungopos.com - Jangan salah lho, di Indonesia, ada suku yang mengunakan bahasa korea dalam kesehariannya. Suku tersebut tak lain adalah suku Cia-cia. Suku ini  merupakan suku yang menetap di Sulawesi Tenggara, tepatnya di Kota Baubau. Suku ini dalam kesehariannya terbiasa menggunakan dan mempelajari aksara korea. Bahkan itu menjadi muatan lokal di sekolah-sekolah di sana. 

BACA JUGA: Ini Tiga Suku Tertua di Indonesai, Salah Satunya di Jambi

Seperti diketahui, bahasa Cia-cia ini adalah bahasa keseharian lisan, tetapi tidak mempunyai sistem penulisan. Karena menurut seorang Profesor dari Hunminjeongeum Research Institute bernama Cho Tae-hyun pelafalan Bahasa Cia-cia sama dengan Bahasa Korea, sehingga aksara yang digunakan untuk pelajaran bahasa Cia-cia ini pakai aksara Korea. 

BACA JUGA: Sama-sama dari Jawa, Ini Beda Suku Jawa dan Suku Sunda

Meski demikian, aksara latin digunakan dalam penulisan Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Sementara  hangeul digunakan dalam penulisan Bahasa Cia-cia sebagai bahasa daerah yang menjadi muatan lokal pada kurikulum pendidikan.

BACA JUGA: Suku di Jawa Ini Dulu Dikucilkan, Punya Ekor dan Sakti Pernah Kalahkan Suku Dayak

Penggunaan bahasa Korea ini bukan hal yang aneh. Karena status Kota Baubau dan Kota Seoul yang merupakan sister city, sehingga keduanya kerap melakukan kerjasama. Salah satu bentuk kerjasama tersebut adalah upaya pelestarian Bahasa Cia-cia sebagai salah satu bahasa daerah yang masih digunakan. (***)

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya