PENARI : Para penari tradisional dari Kabupaten Kerinci

Ini Tiga Suku Tertua di Indonesai, Salah Satunya di Jambi

JAMBI, bungopos.com - Negara Indonesia memiliki penduduk yang heterogen. Mulai dari bermacam-macam bahasa penduduknya hingga ber suku - suku. Tapi keunggulan Indonesia, meski berbeda-beda tapi tetap satu jua. Negeri yang membentang dari Sabang sampai Merauke ini dihuni beragam suku tertua, berikut suku-suku tertua di Indonesia itu : 

 

1. Suku Jawa 

Suku Jawa merupakan suku tertua di Indonesia. Hal ini berdasarkan hasil penelitian arkeolog yang menunjukkan bahwa suku jawa merupakan suku pribumi yang sudah ada sejak lama. Ini dibuktikan dengan adanya penemuan fosil Pithecanthropus erectus pada 1891 di Trinil. Dari hasil tes DNA - nya menunjukkan suku Jawa dahulu dan kini mempunyai banyak kemiripan.

2. Suku Kerinci

Suku Kerinci juga dikenal dengan suku Kincai mendiami dataran tinggi  di Provinsi Jambi. Para ahli menyimpulkan,  bahwa suku yang mendiami bumi sepucuk Jambi sembilan lurah ini telah sampai di Indonesia sejak 10.000 tahun yang lalu. Informasi tersebut diungkapkan peneliti yang tergabung dalam Lembaga Purbakala dan Peninggalan Nasional yang menyebutkan asal usul suku Kerinci, yaitu dari Proto Melaiers atau dikenal sebagai Melayu Tua. Mereka bermigrasi sekitar 400 sebelum Masehi.

3. Suku Mentawai

Suku Mentawai ini merupakan salah satu suku tertua di Indonesia. Nenek moyang suku Mentawai ini diyakini para peneliti sudah mendiami kepulauan di barat Sumatera sejak 500 SM. Hal yang paling menarik dari suku ini yakni tidak pernah dijajah bangsa lain. (***)

 

 

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya