Jambekspres.co.id

Mau Jadi Politisi ? Ini Lima Kepribadian Yang Harus Kamu Miliki

JAMBI, bungopos.com - Banyak sekali memang profesi yang bisa ditekuni oleh seseorang. Mulai dari profesi guru, advokat hingga politisi. Profesi ini membutuhkan kemampuan masing-masing yang berbeda antara satu profesi dengan lainnya. Untuk seorang politisi, paling tidak memiliki kemampuan organisasi, retorika, Pengetahuan tentang hukum dan politik, ketatanegaraan dan pemerintahan serta Pengetahuan sejarah bangsa. Kemampuan-kemampuan tersebut harus terakumulasi secara apik dalam diri seorang politisi. Selain itu, seorang politisi juga harus memiliki kepribadian yang berbeda dengan profesi lainnya. Kepribadian tersebut, antara lain : 

BACA JUGA: Dapat Dukungan PKS, Ini Ungkapan Haru Gus Muhaimin

  1. Kebiasaan Berpikir Kritis – Dengan menggunakan logika dan nalar bisa mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan serta solusi alternatif dalam menyelesaikan sebuah masalah yang harus ditangani. Seperti diketahui, masalah dalam dunia politik sangatlah kompleks. Oleh karena itu, kepiawaian dalam menyelesaikan masalah sangat dibutuhkan. 
    BACA JUGA: Cak Imin Bukan Hanya Anak Ideologis, Tapi Juga Kerabat Dekat Gusdur, Ini Pertalian Darahnya
  2. Penyelesaian Masalah yang Kompleks – Mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mengulas informasi terkait dalam rangka mengembangkan dan mengevaluasi pilihan serta solusi yang dapat diterapkan.
    BACA JUGA: Setelah Istikharah Para Kiyai, Gus Imin Setujui Pinangan Sebagai Cawapres Anies, Ini Kiyai Yang Istikharah di Mekkah
  3. Bisa Berkomunikasi – Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif baik secara lisan maupun tulisan
    BACA JUGA: Anies Ternyata Pernah Mondok Yang Sanad Keilmuannya Nyambung ke Ponpes Tebuireng
  4. Memiliki Keseimbangan Emosional – Dikarenakan sifat profesi yang rentan, seorang politisi akan dihadapkan pada banyak argumen bahkan ancaman yang akan mempengaruhi suasana hati. Tanpa adanya keseimbangan emosi, seorang politisi hebat akan sangat sulit untuk melakukan pekerjaan mereka dengan optimal
    BACA JUGA: Gus Muhaimin Jadi Cawapres Anies, Ini Tanggapan Kiyai NU
  5. Berjiwa Agresiv – Seorang politisi hebat harus dipersiapkan untuk menghadapi tantangan apapun yang ada di depan mata. Bukan berarti mereka harus menjadi pribadi yang kasar, tetapi harus bisa menerapkan agresivitas dengan baik.

BACA JUGA: Pemilihan Kepala Pemerintahan Juga Dicontohkan Dalam Islam, Inilah Sistemnya

Demikianlah kepribadian yang harus dimiliki seorang politisi. Kepribadian ini tentunya akan mewarnai hari-hari politisi. Jika tidak punya kepribadian di atas, dikhawatirkan sulit menjadi politisi kawakan. Semoga sukses !

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya