Muhaimin Iskandar dan Gus Dur

Cak Imin Bukan Hanya Anak Ideologis, Tapi Juga Kerabat Dekat Gusdur, Ini Pertalian Darahnya

JAMBI, bungopos.com - Pasangan calon presiden, Anies Rasyid Baswedan yakni, Abdul Muhaimin Iskandar atau dikenal dengan Gus Imin, masih kerabat dekat Gus Dur. Hal ini juga diakui oleh anak Gus Dur, Yenny Wahid.

 

BACA JUGA: Setelah Istikharah Para Kiyai, Gus Imin Setujui Pinangan Sebagai Cawapres Anies, Ini Kiyai Yang Istikharah di Mekkah

 

''Cak Imin itu orang pintar, lulusan UGM, dia sepupu jauh saya,'' kata Yenny yang berbicara di podcast motivator terkenal Merry Riana.

Seperti diketahui, Gus Muhaimin adalah anak dari pasangan KH Muhammad Iskandar dan Muhasonah. Ibu dari gus Muhaimin ini, adalah puteri dari pasangan Mu’asomah dan KH Hasbullah Salim. Mu'asomah yang merupakan nenek Gus Muhaimin tersebut adalah puteri dari pasangan KH Bisri Syamsuri, salah seorang pendiri Nahdatul Ulama (NU) dan Khadijah.

 

BACA JUGA: Jadi Cawapres Anies Rasyid Baswedan, Ini Profil Tokoh Muda NU Muhaimin Iskandar

Khadijah yang merupakan istri dari Kiyai Bisri tersebut merupakan adik kandung KH Wahab Chasbullah. Dan Kiyai Bisri ini juga berbesanan dengan KH Hasyim Asyari yang merupakan kakek KH Abdurrahman Wahid (Gusdur). Karena salah seorang putri Kiai Bisri yang bernama Sholihah menikah dengan Abdul Wahid Hasyim, putra dari Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari. Abdul Wahid Hasyim ini merupakan ayah dari KH Abdurrahman Wahid. Tempat kelahiran Gusdur sendiri  di Pesantren Kiyai Bisri ini. (***)

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya