CAPRES : Anies Rasyid Baswedan, PhD

Anies Ternyata Pernah Mondok Yang Sanad Keilmuannya Nyambung ke Ponpes Tebuireng

JAMBI, bungopos.com - Capres Anies Rasyid Baswedan ternyata pernah mondok di Pesantren Pabelan, Magelang, Jawa Tengah. Dalam unggahan di akun Instagram pribadinya @aniesbaswedan, pernah berkunjung ke pesantren tersebut. Dia mengungkapkan bahwa kunjungan ke Ponpes tersebut juga bentuk nostalgia. Sebab mantan Gubernur DKI Jakarta ini sempat mondok di Ponpes Pabelan.

Seperti diketahui, pengasuh Ponpes Pabelan ini adalah yakni KH Hamam Ja'far. Kiyai Hamam ini sanad ilmunya juga sampai Tebuireng. Mengingat, kiyai pengasuh pondok tersebut dulunya pernah mondok di Tebuireng

Makanya, saat kunjungan Capres Anies Baswedan ini ke ponpes Tebuireng, beliau disambut hangat oleh keluarga besar pondok. Disana Gus Muhaimin sempat ziarah ke makam para pendiri Nahdatul Ulama (NU).  Dalam kunjungannya ke Pondok Tebuireng tersebut, Anies ditemani oleh kakak Gus Baha, yakni Gus Mahasin.

RIWAYAT SINGKAT ANIES

Anies Baswedan lahir di Kuningan, Jawa Barat, 7 Mei 1969 dari pasangan Rasyid Baswedan dan Aliyah. Kedua orang tuanya adalah pendidik. Bapaknya Rasyid Baswedan pernah menjadi  Wakil Rektor Universitas Islam Indonesia dan ibunya Aliyah adalah guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta.

Pada usia 5 tahun, Anies didaftarkan orang tuanya di taman kanak-kanak Masjid Syuhada, Yogyakarta. Setelah tamat, ia meneruskan di SD Laboratori, SMP Negeri 5, dan SMA Negeri 2. Semuanya di Kota Yogyakarta. Saat di SMP Negeri 5 inilah beliau pernah mondok di Pabelan.

Di tengah-tengah menempuh pendidikan di SMA, ia mendapatkan beasiswa untuk mengenyam pendidikan satu tahun di Amerika. Akibatnya, kelulusannya di SMA Yogyakarta molor setahun. Dia baru lulus pada tahun 1989, seharusnya tahun 1988.Setelah menyelesaikan SMA, dia masuk ke Fakultas Ekonomi di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Dia menyandang gelar sarjana ekonomi pada usia 26 tahun.

Selepas itu, Anies mendapatkan beasiswa untuk magister dan doktornya. Dia menempuh pendidikan S2 di University of Maryland, School of Public Policy, College Park, Amerika Serikat dan S3-nya di  Northern Illinois University, Department of Political Science, Dekalb, Illinois, Amerika Serikat.(arm)

 

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya