hewan kelelelawar bergelantungan di gua

Dua Gua Terkenal di Bungo, Nomor Dua Disebut Ada Bunian

BUNGO, bungopos.com – Meski ada banyak gua namun ada dua gua yang terkenal di Kabupaten Bungo yaitu Gua Kelelawar dan Gua Tetesan Lilin. Dua gua ini sering dijadikan spot wisata alam bagi mereka yang menyukai wisata adventure.

Gua Kelelawar

Sesuai namanya, gua ini memang menjadi sarang kelelawar liar yang ada di sekitar lokasi yaitu di Dusun Lubuk Mayan, Kecamatan Rantau Pandan kurang lebih 20 km dari pusat Kota Muara Bungo.

Masyarakat di sekitar sering melihat barisan kelelawar terbang keluar dari gua jika senja tiba. Kelelawar itu menjadikan gua sebagai rumah mereka untuk berisitirahat pada siang hari, dan lalu terbang kelayapan mencari makan pada malam hari.

Jika masuk ke gua ini pada siang hari, kelelawar yang asyik istirahat akan cuek saja, sebaliknya kelelawar yang terganggu akan terbang menjauh.

Jika ingin menjelajahi gua ini dianjurkan siang hari dan membawa perlengkapan yang komplit. Serta membawa serta alat penerangan senter.

BACA JUGA: Ingin Berlibur ke Bungo, Ini Dua Wisata Desa yang Favorit di Kunjungi

Gua Tetesan Lilin

Gua Tetesan Lilin berada di Dusun Apung Mudik Kecamatan Rantau Pandan Bungo.

Disebut tetesan lilin karena beberapa bagian dinding gua ini berbentuk seperti tetesan lilin, air-air yang melewati bebatuan granit di dalam gua mirip seperti tetesan lilin.

Gua ini memang cantik dan indah, meski jarang dikunjungi namun Pemda Bungo menjadikan gua ini sebagai salah satu destinasi wisata alam menarik di Bungo.

Tak jauh dari Gua Tetesan Lilin terdapat sebuah lubuk atau sungai, gua dan sungai ini menjadi satu kesatuan yang harus dilihat saat berkunjung.

BACA JUGA: Tempat Wisata Menarik di Bungo, No 2 Berasa di Korea

Bukan sungai biasa karena di sini terdapat pusaran air yang berputar seperti pusar dengan diameter sekitar 10 meter.

Menurut cerita dari masyarakat setempat, dikutip dari situs www.bungokab.go.id, pusaran air itu terjadi karena ada cerukan batu atau lubang yang mempunyai hubungan dengan suatu daerah bunian atau makhluk halus. Bunian ini disebut-sebut juga ikut menjaga Gua Tetesan Lilin.  (bqs)

 

 

Penulis: Balqis
Editor: Balqis