INDAH : Pantai Sungai Cemara yang terdapat di Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjungjabung Timur

Jambi Memiliki Pantai-Pantai Indah Juga Lho, Yuk Berkunjung ke Sini

JAMBI, bungopos.com - Sebagai provinsi yang berada di bagian tengah Pulau Sumatera, ternyata juga menyimpan kekayaan alam pantai yang begitu indah serta eksotik. Kekayaan alam ini bisa dinikmati kapan saja saat kita ingin berkunjung ke sana. Salah satu daerah yang memiliki pantai yang indah yakni Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjungjabung Timur.  Berikut pantai yang berada di kabupaten Tanjabtim tersebut diantaranya : 

1. Pantai Sungai Cemara

Pantai Cemara berpasir coklat kehitaman. Kawasan ini memiliki luas 450 hektar. Ia menjadi tempat habitat burung air dan daerah persinggahan burung pantai migran. Lokasinya terletak bersebelahan dengan Taman Nasional Berbak. Taman Nasional Berbak sendiri merupakan kawasan konservasi lahan basah terluas di Asia Tenggara. Taman Nasional ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor : 285/Kpts-II/1992, tanggal 26 Februari 1992 dengan luas 162.700 Ha.

Kawasan Taman Nasional Berbak  mempunyai ekosistem yang masih asli. Di sini terdapat keunikan ekosistem lahan basah yang masih satu kesatuan dengan ekosistem hutan rawa gambut. Komposisinya adalah: hutan rawa gambut seluas dua pertiga bagian, sementara sepertiga bagian lainnya merupakan hutan rawa air tawar. Di Taman Nasional Berbak juga terdapat kawasan pantai yang menjadi tempat tujuan persinggahan burung-burung migran yang datang sepanjang tahun. Namun, tak seperti Pantai Cemara yang menjadi tujuan utama migrasi satwa ini. Maka, datang ke Pantai Cemara bisa sekaligus menyaksikan dari dekat Taman Nasional Berbak.

Burung-burung yang bermigrasi tersebut melintasi jalur migrasi burung Asia Timur – Australia. Meliputi kawasan Asia Timur, Papua, Australia, Selandia Baru hingga pulau-pulau di lautan Pasifik. Posisi Indonesia yang terbentang antara benua Australia dan Asia Daratan di sisi utara, memiliki nilai penting dalam migrasi tersebut.

Sekitar 26.000 ekor burung bisa dijumpai di Pantai Cemara. Sebagian besar di antaranya adalah jenis burung migran yang datang dari berbagai pantai di dunia. Tak kurang dari 72 jenis yang mendiami pantai ini. Mereka teridentifikasi dalam berbagai jenis, yaitu: 4 jenis burung air , 30 jenis burung hutan, 27 jenis burung pantai dan 11 jenis burung laut.

 

2. Pantai Air Hitam Laut

 

 

Desa Air Hitam Laut (AHL) merupakan salah satu dari 7 desa di Kecamatan Sadu dengan luas 2.066 ha. Desa AHL merupakan desa penyangga Taman Nasional Berbak yang memiliki potensi pariwisata dan budaya (Badan Pusat Statistik Tanjung Jabung Timur, 2010). Namun beberapa masih belum banyak dikenal oleh masyarakat luar. Wisata yang selama ini sudah cukup dikenal di Desa AHL adalah wisata budaya ritual Mandi Safar dan Wisata Bahari (Bahtiar et al., 2008). Tepatnya di Pantai Air Hitam Laut. Pantai ini sering dinamakan Pantai Babussalam. 

Pantai ini seluas 431,86 ha dengan  Panjang pantai ± 5 km. Sedangkan  lebarnya menyesuaikan batas kebun kelapa milik masyarakat sekitar ± 300 m. Pantai ini sangat asyik dan elok untuk dikunjungi terutama saat suasana liburan. (***)

Editor: Arya Abisatya