ARLINA KAROBA

Kisah Menyentuh, Arlina Karoba, Mahasiswa Unja Asal Papua Yang Kukerta di Tabir Lintas

MERANGIN, bungopos.com -  Arlina Karoba, mahasiswi Program Studi Keperawatan, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Jambi (UNJA) yang berasal dari Wamena, Papua, mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) di Desa Koto Baru, Kecamatan Tabir Lintas, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

Arlina Karoba merupakan salah satu mahasiswa penerima program afirmasi, yang merupakan program pendidikan bagi daerah-daerah tertentu, sekolah-sekolah, dan peserta didik yang membutuhkan perhatian khusus dalam memperoleh akses dan layanan pendidikan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesempatan pendidikan bagi mereka yang berasal dari wilayah terpencil atau kurang berkembang.

Arlina Karoba menyatakan bahwa Kukerta merupakan salah satu mata kuliah wajib di Program Studi Keperawatan. Tujuan dari mengikuti Kukerta ini adalah untuk mengabdi kepada masyarakat dengan terjun langsung ke lapangan.

“ Dengan mengikuti Kukerta ini kita bisa melihat dan memahami permasalahan yang terjadi di masyarakat secara langsung, Kehadiran kita sebagai mahasiswa di tengah-tengah masyarakat diharapkan dapat membantu menyelesaikan sebagian permasalahan yang ada dengan berbagai program yang akan dita jalankan serta memberikan kontribusi positif kepada masyarakat setempat,”ujar Arlina Karoba.

Arlina Karoba juga menyampaikan rasa bahagianya atas sambutan hangat yang diberikan oleh warga Desa Koto Baru selama kegiatan sosial dan edukasi yang dilaksanakan oleh mahasiswa UNJA.

“Saya merasa sangat senang karena disambut dengan baik oleh warga. Merasakan suasana baru dan berbaur dengan warga memberikan pengalaman yang sangat berbeda dibandingkan dengan di kampus. Saya juga sangat senang karena dapat mengajarkan apa yang saya bisa, seperti membuat tas rajut. Mengajarkan ibu-ibu di desa ini keterampilan tersebut bisa membantu mereka menambah penghasilan,” tutupnya. (***)

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://www.unja.ac.id/