ILUSTRASI

Ini Dia Negara Adikuasa Yang Kini Hilang Dari Peta Dunia

JAMBI, bungopos.com - Sampai saat ini, perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)  mengakui keberadaan 195 negara di dunia. Ke 195 negara tersebut semuanya terdapat dalam peta dunia. Tetapi ternyata, ada negara yang sebelumnya ada di peta dunia, namun seiring waktu berjalan malah hilang dari peta. Padahal, semasa berdirinya, negara tersebut sempat menjadi negara adikuasa. Negara tersebut yakni : 


Uni Republik Sosialis Soviet (USSR)

Uni Soviet adalah sebuah gabungan atau federasi negara-negara yang memiliki paham sosialis-komunis dan berdiri dari tahun 1922 sampai 1992. Federasi tersebut bernama Republics Sosialist Soviet (RSS). Awalnya, federasi RRS ini hanya terdiri atas empat negara saja, tetapi seiring perjalan waktu bergabung hingga 15 negara. Negara ini memiliki ibukota yang terletak di wilayah Moskow, Rusia. Selain itu, wilayah Uni Soviet juga didominasi oleh RSFS Rusia sebagai republik yang terbesar dan terkuat.

Uni Soviet berdiri tepat setelah terjadinya Revolusi Oktober, yakni pada 25 Oktober 1917. Pasca revolusi, Uni Soviet yang awalnya memiliki paham sosialisme berkembang menjadi paham komunisme. Hingga akhirnya pada 19 Agustus 1991, kelompok konservatif yang kala itu dipimpin oleh Wakil Presiden Gennady Yanayev, melancarkan aksi kudeta terhadap kepemimpinan Mikhail Gorbachev. 

Meskipun Mikhail Gorbachev selamat dari aksi kudeta, tetapi dirinya harus menghadapi kesulitan ekonomi, akibatnya dia sendiri mundur. Akibatnya terjadi kekosongan kekuasaan yang kemudian diambil alih oleh Boros Yetsin. Sayangnya Boros Yetsin tidak bisa mengkonsolidasi negara federasi tersebut. 

Atas adanya berbagai konflik tersebut, akhirnya pada 6 September 1991 Uni Soviet dibubarkan. Uni Soviet yang runtuh tersebut kemudian terbagi menjadi beberapa negara yang berdaulat. (***)

 

 

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://www.gramedia.com/