KEPULAUAN : Republik Maladewa

Ternyata di Dunia Ini Ada Dua Negara Yang 100 Persen Penduduknya Beragama Islam, Tapi Bukan Arab Saudi Lho, Ini Negaranya

JAMBI, bungopos.com - Tak banyak yang mengetahui bahwa ada dua negara di kawasan Afrika yang saat ini 100 persen penduduknya beragama Islam. Islam diterapkan dalam segala sektor kehidupan, baik sosial, politik, budaya maupun ekonomi. Kedua negara tersebut yakni : 

1. Mauritania

Mauritania merupakan negara bekas jajahan Prancis, yang kemudian mendeklarasikan diri menjadi republik Islam sejak memperoleh kemerdekaan pada 1960. Piagam Konstitusi tahun 1985 menyatakan Islam agama negara dan syariat Islam menjadi landasan hukum negara. Sementara dalam Konstitusi yang telah diratifikasi pada tanggal 20 Juli 1991 ditegaskan bahwa `Mauritania adalah Republik Islam yang tidak dapat diubah.

Sensus penduduknya tahun 2004 menemukan bahwa seratus persen penduduk Mauritania beragama Islam. Mereka mengikuti mazhab Maliki, salah satu dari empat mazhab utama yang dikenal dalam ajaran Islam.

2. Maladewa

Republik Maladewa adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri dari beberapa pulau di Samudra Hindia. Maladewa terletak di sebelah selatan-barat daya India, sekitar 700 km sebelah barat daya Sri Lanka. Maladewa merupakan negara berpenduduk 100 persen beragama Islam. Keadaan ekonomi Maladewa bergantung pada dua sektor utama, yaitu pariwisata dan perikanan. (***)

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya