INDAH : Danau Toba salah satu destinasi wisata super prioritas

Cocok Buat Tempat Liburan, Ini Lima Destinasi Wisata Super Prioritas Selain Bali

JAMBI, bungopos.com - Dalam rangka meningkatkan kunjungan wisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menetapkan lima daerah wisata prioritas di Indonesai selain Bali. Kelima destinasi wisata tersebut, cocok buat kamu yang ingin berlibur. Destinasi wisata favorit tersebut adalah sebagai berikut : 

1. Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu mahakarya manusia jawa yang merupakan bagian dari keajiban dunia. Candi yang merupakan peninggalan agama Budha ini merupakan salah satu dari lima wisata prioritas. 

Bagi anda yang ingin berkunjung ke sini banyak pintu masuk ke wilayah tersebut. Bisa melewati Yogyakarta ataupun Semarang. Tapi yang paling cocok adalah melewati bandara internasional Yogyakarta karena lebih dekat. 

 

2. Likupang, Manado 

Berjarak sekitar 48 km dari Kota Manado, ada banyak hal yang bisa dieksplor di Likupang. Misalnya mengunjungi berbagai destinasi wisata perbukitan di Likupang. Mulai dari Bukit Pulisan hingga Bukit Larata.

Di Bukit Pulisan wisatawan akan disambut dengan hamparan padang rumput luas dan berseberangan langsung dengan pemandangan laut biru jernih yang indah. Meskipun sedikit melelahkan untuk menuju Bukit Pulisan, namun pemandangan yang menyatu dengan lautan bak lukisan ini seakan menghapus keringat dan rasa lelah mendaki perbukitan.

Selain Bukit Pulisan, destinasi wisata perbukitan di Likupang yang bisa dikunjungi adalah Bukit Larata. Tidak kalah memesona, Bukit Larata juga menawarkan keindahan bukit savana dengan padang rumput yang berpadu dengan pemandangan laut.

Tidak hanya perbukitan, Likupang juga menjadi surga bagi para pecinta wisata di pantai. Pantai yang memiliki pemandangan indah tak berujung dan air yang jernih ini pernah mengejutkan masyarakat setempat dan World Wildlife Fund Indonesia. Pasalnya, pada 2007 di Pantai Likupang ditemukan Penyu Hijau.

Destinasi wisata pantai di Likupang berikutnya adalah Pantai Paal. Berlokasi di Desa Marinsow, Kecamatan Likupang Timur, Pantai Paal dikenal dengan pemandangan eksotis dan air laut berwarna gradasi biru tosca yang cantik.

3. Mandalika 

destinasi wisata di Mandalika enggak perlu diragukan lagi.  Mandalika punya banyak tempat menarik dan membuat liburan makin berkesan. Pilihan pantai nan aduhai bisa ditemukan di Pantai Seger, Pantai Serenting, Pantai Mawi, Pantai Kuta Mandalika, dan Pantai Tanjung Aan. Sedangkan buat menjelajahi budaya yang kaya makna, bisa berkunjung ke Desa Sade dan Desa Ende buat melihat proses pembuatan kain tenun songket, tradisi, hingga tarian adat yang super menarik. Jangan lupa juga mampir di sirkuit Mandalika

4. Labuan Bajo 

Mengunjungi Labuan Bajo, tentu tak terpisah dari Pulau Komodo yang menyimpan keindahan alam yang magis dan hewan purba yang mendunia. Komodo (Varanus komodoensis) merupakan kadal raksasa yang diketahui hanya berada di Indonesia. Keberadaannya pertama kali dipublikasikan dalam jurnal ilmiah 1912. bisa mengunjungi Taman Nasional Komodo. Taman nasional ini terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991. Areanya terdiri dari beberapa pulau yang beririsan yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar, dan beberapa pulau lain di sekitarnya.

 

5. Danau Toba

Danau alami ini terbentuk akibat letusan gunung berapi super sekitar 77.000 tahun lalu. Memiliki luas lebih dari 1.145 kilometer persegi, dan kedalamannya 508 meter. Itulah mengapa, Danau Toba sebenarnya lebih mirip lautan. 

Danau Toba terbentuk dari tiga letusan besar Gunung Toba. Letusan pertama menghasilkan kaldera di sisi selatan, letusan kedua membentuk kaldera di sisi utara, letusan ketiga yang terbesar mengubah Gunung Toba menjadi Danau Toba. Yang kerennya lagi, UNESCO sendiri telah menetapkan kaldera Toba sebagai Global Geopark atau menjadi warisan dunia.

Yuk berkunjung ke Destinasi wisata super prioritas ini, kamu akan dimanjakan berbagai keindahan alam yang super luar biasa. (***)

 

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya