CAPRES : Anies Rasyid Baswedan

Anies Baswedan Kelahiran Jawa Barat, Besar dan Menempuh Pendidikan hingga Sarjana di Yogyakarta

JAMBI, bungopos.com - Bakal Calon Presiden RI, Anies Rasyid Baswedan bukanlah orang sembarangan. Dia merupakan putera terbaik Indonesia kelahiran Kuningan, Jawa Barat pada 7 Mei tahun1969. Ayahnya yang bernama Rasyid dan ibunya bernama Aliyah merupakan dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia dan ibunya guru besar emeritus di Universitas Negeri Yogyakarta.

BACA JUGA: Anies Ternyata Pernah Mondok Yang Sanad Keilmuannya Nyambung ke Ponpes Tebuireng

Kakeknya, A.R Baswedan lahir pada 9 September 1908 di Surabaya yakni seorang jurnalis, tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia, diplomat dan serta sastrawan Indonesia. A.R Baswedan pernah menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha dan Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), hingga Wakil Menteri Muda Penerangan RI kedua pada Kabinet Sjahrir.  A.R Baswedan disebut sebagai salah satu diplomat pertama Indonesia yang berhasil mendapatkan pengakuan de jure dan de facto pertama bagi eksistensi Republik Indonesia dari Mesir. Oleh karena itu, kakek Anies Baswedan kini dikenal sebagai salah satu tokoh pejuang kemerdekaan dan pahlawan nasional.  

BACA JUGA: Peserta Pemilu Wajib Laporkan Dana Kampanye, Ini Aplikasinya

Anies kemudian menikah dengan Feri Farhati Ganis dan dikaruniai empat orang anak, yakni Mutiara Annisa Baswedan, Mikail Azizi Baswedan, Kaisar Hakam Baswedan, dan Ismail Hakim Baswedan.  Dalam beberapa kesempatan, Anies mengaku bahwa dirinya adalah tulen jawa.

''Saya orang jawa tulen,'' tegasnya saat kiyai muda kondang berkunjung ke Kantor Gubernur Jakarta, saat Anies masih menjabat sebagai Gubernur beberapa waktu yang lalu. (arm)

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya