GUBERNUR JAMBI : Dr H Al Haris

Jika Kualitas Udara Memburuk, Gubernur Instruksikan Ini ke Bupati/Walikota se Jambi

JAMBI, bungopos.com  - Antisipasi kualitas udara khususnya di Kota Jambi yang kian memburuk, Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos., MH mengambil langkah-langkah konret. Salah satunya dengan mengeluarkan Surat Edaran (SE) Resmi dengan nomor 1377/SE/DLH-3/2023 tentang Antisipasi Kualitas Udara Yang Memburuk di Provinsi Jambi. Didalam suratnya tersebut, ada beberapa yang diinstruksikan oleh Gubernur Jambi. Instruksi tersebut ditujukan ke beberapa instansi, diantaranya sebagai berikut :

BACA JUGA: Kabut Asap Ancam Kesehatan Masyarakat, Ini Tips Terhindar dari ISPA

BACA JUGA: Ini Tips Berkendara Aman dalam Kondisi Kabut Asap

1. Dinas Pendidikan Provinsi Jambi diminta memantau kualitas udara, jika semakin memburuk diminta untuk meliburkan siswa

2. Dinas Kesehatan Diminta untuk membagi-bagikan masker kepada masyarakat yang membutuhkan. 

3. Mengimbau kepada seluruh masyarakat agar mengurangi aktivitas di luar ruangan seperti kegiatan upacara, olahraga, Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), dan kegiatan lainnya.

4. Jika berada di luar ruangan agar menggunakan masker untuk mengurangi dampak gangguan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

5. Jika asap semakin pekat dan kondisi ISPU menunjukkan pada level tidak sehat, sekiranya para bupati/wali kota se-Provinsi Jambi, dan Pimpinan Perangkat Daerah dilingkungan Pemprov Jambi dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengurangi resiko yang ditimbulkan. 

BACA JUGA: Mau Dapat Subsidi Motor Listrik ? Ini Syarat-syaratnya

BACA JUGA: Pemanggilan Gus Muhaimin Oleh KPK Disorot Banyak Pihak, Ini Komentar Netizen

Seperti diketahui, di Provinsi Jambi berdasarkan data yang disampaikan Gubernur lahan terbakar berjumlah 501 Ha. Hal ini disebabkan angin yang bertiup dari arah selatan menuju Jambi. Tapi pihak Gubernur sendiri menyiapkan water bombing yang digunakan untuk memanipulasi hujan buatan. (arm)

Penulis: Arya Abisetya
Editor: Arya Abisetya