ESTER : Mahasiswa Unja keren

Keren ! Mahasiswa Unja Bergelar Pemuda Parlemen Indonesia

Posted on 2023-09-08 23:11:57 dibaca 1855 kali

JAMBI, bungopos.com - Esteria Tamba yang sering disapa Ester, mahasiswa Prodi Ilmu Politik Universitas Jambi (UNJA) Angkatan 2022 berhasil menyandang predikat Pemuda Parlemen Indonesia. Ester ini mewakili Provinsi Jambi. Kegiatan ini sendiri berlangsung secara daring melalui Instagram Pemuda Perlemen Indonesia, pada 8 September 2023.

BACA JUGA: Tinjau Tiga Titik Kebakaran Lahan, KSAD Jenderal Dudung Berikan Pujian Ini ke Gubernur

Ester berhadapan dengan 490 pemuda Indonesia lainnya. Prestasi tersebut membuat Ester berkesempatan mengukuti rapat bersama DPR RI pada Hari Sumpah Pemuda, dan dapat bekerja sama dengan DPRD Kota dalam mengaspirasikan permasalahan masyarakat Provinsi Jambi dan ikut memberikan solusi.

Ester mengutarakan motivasi dan persiapannya dalam mengikuti kegiatan seleksi Pemuda Perlemen Indonesia 2023 tersebut.

“Saya adalah mahasiswa Ilmu Politik yang berasal dari desa terpencil dan bercita-cita menjadi Dewan Perwakilan Rakyat,'' tukasnya.

Dirinya mengaku mengikuti kegiatan ini dalam usaha selangkah lebih maju menggapai mimpi. Selain itu, juga dalam rangka berkolaborasi dengan Anggota Legislatif Provinsi Jambi. Ini dalam rangka guna menyalurkan aspirasi permasalahan masyarakat serta memberikan solusi dan literasi politik bagi perempuan Provinsi Jambi.

''Persiapan yang saya lakukan yaitu saya penerima Beasiswa Bank Indonesia 2023, saya juga pembimbing/mentor di komunitas remaja, serta beberapa kali menulis artikel di blog website pribadi,”  ujarnya.

BACA JUGA: Kabut Asap di Kota Jambi Berasal dari Kebakaran Hutan dan Lahan di Sumsel

Dengan menyandang Predikat sebagai Pemuda Parlemen Indonesia ini, Ester berharap  tingkat representasi perempuan dalam Pileg di Jambi meningkat. Untuk itu, dirinya ingin bekerja sama dengan Legislator Provinsi Jambi untuk memberikan literasi politik bagi masyarakat terkhusus perempuan.

''Dan juga saya ingin mementoring anak-anak remaja usia 13-20 tahun dalam mempersiapkan mereka menuju usia produktif, serta aktif menyuarakan, dan peka memberi solusi serta advokasi ke pemerintah terkait permasalahan masyarakat sekitar. Apalagi, RT sekitar saya saat ini sering kali terendam banjir,”  lanjutnya.

Moh. Arief Rakhman, S.IP., M.I.Pol., selaku Ketua Prodi Ilmu Politik mengungkapkan kebanggannya terhadap pencapaian yang diraih oleh Mahasiswanya. “Mewakili segenap civitas akademika di Program Studi Ilmu Politik, kami dengan bangga sangat mengapresiasi prestasi yang diraih Esteria Tamba, mahasiswa Prodi Ilmu Politik Angkatan 2022,'' ujarnya.

BACA JUGA: Ini Tips Berkendara Aman dalam Kondisi Kabut Asap

Selain itu, pihaknya juga mengaku memiliki pencapaian luar biasa dalam meraih predikat Pemuda Parlemen Indonesia tersebut. Dia berharap apa yang dicapai Ester bisa menjadi sumber motivasi dan inspirasi bagi seluruh mahasiswa di Universitas Jambi, khususnya di lingkungan Program Studi Ilmu Politik.

''Pencapaian ini memberikan titik optimis bahwa masa depan politik Indonesia akan semakin cerah. sekali lagi Selamat buat Ester atas prestasi yang diraih,” ungkap beliau. (arm)

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya
Sumber: www.unja.ac.id
Copyright 2023 Bungopos.com

Alamat: Graha Pena Jambi Ekspres,
Jl. Kapt. Pattimura No. 35 KM. 08
Kenali Besar, Kec. Alam Barajo, Kota Jambi

Telpon: -

E-Mail: bungoposonline@gmail.com