Paus Fransiskus

Jakarta Siap Sambut Paus Fransiskus, Operasi Khusus dan Pengalihan Rute di GBK

JAKARTA, bungopos.com - Jakarta bersiap menyambut Paus Fransiskus dengan misa akbar di GBK yang diperkirakan dihadiri ribuan umat. Temukan bagaimana kota ini mengatur pengamanan ketat dan rute alternatif untuk memastikan acara berlangsung lancar.

Pemerintah pusat dan daerah berkolaborasi melakukan persiapan menjelang kedatangan pemimpin umat Katolik dunia, Paus Fransiskus ke Jakarta pada 3--6 September 2024. Pemimpin negara dan Takhta Suci Vatikan itu akan mengikuti sejumlah kegiatan, salah satunya memimpin misa  akbar terbuka di dua stadion sekaligus dalam Komplek Gelora Bung Karno (GBK). Keduanya yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dan Stadion Madya.

Panitia Kunjungan Paus Fransiskus memperkirakan ada sekitar 86.000 orang menghadiri misa akbar yang diadakan pada 4 September 2024 sekitar pukul 17.00 WIB dan berjalan selama 1,5 jam. Perlu persiapan matang untuk mengatur kehadiran puluhan ribu orang dalam waktu bersamaan. Terutama dalam mencegah terjadinya penumpukan kendaraan yang dapat menimbulkan kemacetan luar biasa di di sekitar kawasan Senayan, Jakarta Pusat yang merupakan lokasi GBK.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan, masyarakat perlu mencermati kemungkinan kepadatan lalu lintas yang timbul saat misa akbar bersama Paus Fransiskus. Terlebih, pada hari yang sama terdapat agenda kegiatan besar lainnya di Jakarta Convention Center yang berada di GBK. Yakni International Sustainability Forum (ISF) yang akan dihadiri oleh 5.000 peserta di antaranya kepala negara dan menteri dari sejumlah negara termasuk Utusan Khusus Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Kelautan Peter Thomson.

“Saya mengimbau karena di tanggal 5 September 2024 ada dua kegiatan besar, kami harap masyarakat bisa melihat dan mencermati ini. Sehingga bisa mengambil keputusan untuk melakukan Work From Home (WFH) secara mandiri. Pasti ada kepadatan transportasi dan lalu lintas yang melebihi dari hari biasa. Oleh karena itu masyarakat diimbau mencermati rute-rute untuk menuju ke GBK dan sekitarnya,” kata Heru, dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/8/2024). (***)

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://indonesia.go.id/