TERENAK : Nasi goreng versi Indonesia

Ini Dia Dua Makanan Asli Indonesia Terenak di Dunia versi CNN

JAKARTA, bungopos.com - Pada 2017, CNN International merilis daftar “50 Makanan Terenak di Dunia”. Pemilihan ini dilakukan berdasarkan voting pada laman media sosial Facebook dan berhasil menghimpun 35.000 suara. Berdasarkan voting tersebut, ini dia makanan terenak di dunia. 

1. Rendang

Bukan pada 2017 saja rendang dinobatkan menjadi “Makanan Terenak di Dunia” versi CNN International. Jenis olahan daging dengan bumbu rempah-rempah pekat ini sudah mendapatkan gelar yang sama pada tahun-tahun sebelumnya.

Sejarah panjang rendang di Indonesia sudah dimulai sejak awal abad ke-15 sebagai hidangan untuk bangsawan lokal. Rendang dipilih sebagai bekal berkelana karena dapat bertahan lama tanpa merusak cita rasanya. Hal ini sejalan dengan tradisi berkelana atau merantau khas masyarakat Minangkabau. Bahkan tradisi ini masih berlangsung hingga sekarang.

2. Nasi Goreng

Makanan yang dinobatkan sebagai runner up dalam “World's 50 Most Delicious Foods” versi CNN International ini, akrab ditemui dalam menu sarapan maupun makan malam masyarakat Indonesia.

Keakraban nasi goreng dengan masyarakat membuatnya mudah ditemui, mulai dari gerobak kaki lima hingga restoran bintang lima. Uniknya, dalam daftar tersebut nasi goreng tidak lampirkan sebagai fried rice, melainkan nasi goreng khas Indonesia. (***)

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://www.kemenparekraf.go.id/