BUPATI BUNGO : HM Mashuri

Canangkan Pekan Imunisasi Nasional, Ini Harapan Bupati Bungo

MUARA BUNGO, bungopos.com - Bupati Bungo, H.Mashuri.S.P.M.E secara resmi mencanangkan Pekan Imunisasi Nasional (PIN)P Polio Tahun 2024 tingkat Kabupaten Bungo.

 

Pencanangan PIN Polio di pusatkan Kampung Sijau, Dusun Sungai Mengkuang, Kecamatan Rimbo Tengah, Kabupaten Bungo, 

 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo dr.Safarudin Matondang.,M.PH dalam sambutannya mengatakan, bahwasanya,  penyakit polio ini sangat berbahaya yang dapat mengakibatkan lumpuh seumur hidup, dan penyakit polio ini tidak bisa di obati tetapi dapat di cegah dengan pemberian imunisasi,"Ujarnya.

 

Kegiatan ini dilaksanakan di seluruh posyandu yang ada di Kabupaten Bungo sesuai dengan sasaran yang dikerahkan.

 

 

"Di jelaskannya, anggaran PIN Polio ini di anggarkan melalui dana BOK, dikarenakan pemerintah tidak menganggarkan PIN Polio ini, maka dari itu telah disepakati menggunakan dana BOK.,"Katanya.

 

Sementara itu Bupati Bungo H.Mashuri.S.P.M.E, dalam sambutannya, hari ini kita hadir di tempat yang bersahaja ini untuk melaksanakan pekan imunisasi nasional (PIN ) merupakan kegiatan dari pemerintah 

 

"Kita tahu beberapa waktu yang lalu bahwa di beberapa provinsi muncul lagi kejadian luar biasa polio ini terutama ada di Aceh, Jawa Barat ,Jawa Tengah, Jawa Timur, papua dan papua pegunungan,"Kata Bupati.

 

Selanjutnya, Kasus polio yang terjadi di beberapa wilayah tersebut juga memiliki potensi untuk tertularkan kepada wilayah-wilayah lain. Ini merupakan momen yang sangat baik bagi masyarakat Sungai Mengkuang .

 

"Di jelaskannya dalam rangka pekan Imunisasi Nasional ini di laksanakan di seluruh Indonesia tentu yang sudah dilaksanakan dimulai beberapa waktu yang lalu, tentu sasaran pemerintah mulai dari anak-anak 0 tahun sampai 9 tahun,"Jelas Bupati .

 

Bupati mengimbau  pertama kepada seluruh warga masyarakat melalui perangkat Desa dan seluruh jajaran perangkat Puskesmas, posyandu untuk menghimbau sampaikan kepada masyarakat, keluarga yang memiliki anak 0 tahun sampai 8 tahun untuk datang ke Puskesmas -Puskesmas atau tempat-tempat di mana dilaksanakan PIN Posyandu ini.

 

 "Kita berharap Indonesia di tahun 2045 yang saat ini tentu potensi generasi muda kita bonus demografi yang hari ini pun kita tahu kalau di pemilu Pemilu pemula Itu sudah di atas 50% artinya bonus demografi ini perlu kita sambut, sehingga memang Indonesia emas yang kita gaung-gaungkan itu menjadi keniscayaan,"harapnya.

 

Tidak mungkin Indonesia emas itu bisa diwujudkan kalau generasi muda, anak-anak  yang berumur 0 sampai 10 tahun hari ini, mereka hari ini kurang gizi, mereka hari ini tidak sehat, mereka hari ini tidak mengenyam pendidikan dengan baik tidak ada kesempatan dengan baik, kesejahteraannya tidak terpenuhi maka itu tidak akan mungkin kita wujudkan pada waktu itu

 

" Ini tugas kita bersama bukan hanya pemerintah saja tapi ini tugas kita semua bagaimana kita wujudkan generasi muda kita, generasi yang tangguh, generasi yang cerdas, generasi yang bisa mengikuti bersaing di tengah-tengah kompetisi global yang kita hadapi saat ini,"tutupnya.

 

Selanjutnya Bupati Bungo yang di dampingi oleh kepala Dinas Kesehatan secara simbolis meneteskan PIN Polio kepada Anak-anak yang berusia dibawah 8 tahun *(eq)*

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://www.bungokab.go.id/