Ilustrasi kerja di bank

Anda Tertarik Bekerja di Bank? Berikut Persyaratan, dan Benefitnya

JAMBI, bungopos.com - Bekerja di bank masih menjadi salah satu impian banyak orang. Pasalnya, perusahaan perbankan menawarkan banyak hal, mulai dari jenjang karir yang menjanjikan hingga gaji yang mensejahterakan.

Namun demikian, banyak orang yang masih belum tahu bagaimana cara kerja di bank, termasuk persyaratan apa saja yang diperlukan.

Nah, kamu yang punya impian bekerja di bank harus membaca ulasan berikut ini agar punya gambaran bagaimana mewujudkan keinginanmu tersebut!

 

Keunggulan Kerja di Bank

Sebelum membahas bagaimana cara dan syaratnya, kamu perlu tahu dulu apa saja keunggulan bekerja di sebuah perusahaan perbankan. Berikut beberapa di antaranya.

1. Jenjang Karir

Bank termasuk perusahaan yang konsisten dengan jenjang karir. Artinya, kamu bisa meniti dan mengembangkan karir dari bawah ketika menjadi fresh graduate hingga menduduki posisi senior level di bank tersebut.

Di sisi lain, bank juga merupakan perusahaan yang selalu memperhatikan pengembangan skill dan kapasitas karyawannya. Tempat seperti ini tentu sangat cocok buat kamu yang berjiwa kompetitif dan selalu ingin berkembang.

2. Gaji Menjanjikan

Selain jenjang karir yang bagus, bank juga menawarkan gaji dan penghasilan yang cukup menarik. Gaji atau penghasilan yang menjanjikan ini sangat penting untuk mencapai tujuan keuangan yang kamu inginkan.

Penghasilan kerja di bank tidak hanya tentang gaji saja. Kamu juga berkesempatan dapat THR, tunjangan jabatan, hingga bonus yang disesuaikan dengan pencapaian kerjamu.

3. Life Management yang Proper

Benefit tidak melulu tentang uang saja. Bagaimana perusahaan memperhatikan sisi kehidupan dan keseimbangan karyawan juga merupakan bagian dari benefit yang tak terhingga nilainya.

Nah perbankan memberikan perhatian yang cukup untuk sisi ini. Kamu yang bekerja di bank bisa mendapatkan manfaat dari program-program yang ditawarkan, seperti fasilitas cuti, fasilitas kesehatan, dan sebagainya.

4. Jaringan

Salah satu benefit yang ditawarkan dengan kerja di bank adalah jaringan atau networking. Sudah menjadi rahasia umum bahwa networking merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pengembangan karir seseorang.

Setiap pekerjaan memang menawarkan networking masing-masing. Namun kerja di bank menjanjikan networking yang bagus, karena kamu berpeluang untuk kenal dengan bankir, praktisi keuangan, dan sebagainya.

 

Persyaratan Kerja di Bank

Setiap lowongan pekerjaan selalu disertai dengan persyaratan yang harus dipenuhi oleh seluruh kandidat. Begitu pula dengan kerja di bank, ada beberapa persyaratan yang perlu kamu penuhi, seperti:

  • Jenjang pendidikan, umumnya bank mensyaratkan lulusan Strata 1 (S1) dari universitas terkemuka;
  • Nilai IPK, beberapa bank menetapkan syarat nilai IPK yaitu minimal 3.00 dari skala 4.00;
  • Batas usia, umumnya kandidat lulusan S1 maksimal berusia 25 tahun, sementara S2 berusia 30 tahun;
  • Kesehatan fisik dan mental, persyaratan ini sangat umum dalam dunia kerja, yang biasanya dibuktikan dengan psikotes;
  • Postur tubuh, syarat ini biasanya berlaku untuk posisi front officeyang berhadapan langsung dengan nasabah, seperti teller atau customer service.

Selain persyaratan tersebut, ada beberapa syarat tambahan lain yang biasanya berlaku untuk posisi tertentu. Salah satunya status pernikahan. Beberapa bank ada yang mensyaratkan kandidat yang belum menikah, karena harus mengikuti ikatan dinas beberapa tahun terlebih dulu. (***) 

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://www.ocbc.id/