AWAL PENDIRIAN : Ilustrasi gambar awal masjid Al Ikhsaniyah / Wikipedia

Ini Dia Tiga Masjid Tertua di Provinsi Jambi, Berikut Uraiannya

JAMBI, bungopos.com – Jambi memiliki sejumlah masjid tertua yang merupakan bukti perkembangan Islam di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah ini. Paling tidak ada beberapa masjid tertua di Provinsi Jambi sebagai berikut :

  1. Masjid Al-Ikhsaniyah

 

BACA JUGA: Tidak Ada Larangan Gunakan Pengeras Suara di Masjid, Ini Ketentuan Lengkapnya

Masjid Al-Ikhsaniyah dikenal dengan sebutan Masjid Batu. Masjid ini dibangun pada tahun 1880 oleh Habib Sayyid Idrus bin Hasan Al-Jufri.

Masjid Jami' Al-Ikhsaniyah memiliki arsitektur yang unik dan berbeda dari Masjid-Masjid lainnya di Jambi. Ciri khasnya terletak pada penggunaan Batu bata merah sebagai bahan bangunan utama. Batu bata ini tersusun rapi tanpa perekat, hanya dengan teknik interlocking yang kokoh.

 BACA JUGA: Masjid Al Jabbar Hadir di Citra Raya City, Gubernur : Tak Hanya Sarana Ibadah, Masjid Harus Jadi Sarana Pendidikan

  1. Masjid Keramat Koto Tuo

 

DIBANGUN pada abad ke 18 di Kabupaten Kerinci Jambi, Masjid ini dikenal dengan masjid keramat. Karena beberapa kali terhindar dari bencana. Sebut saja, kebakaran pada tahun 1903, banyak rumah-rumah disekitar masjid yang hancur akibat amukan si jago merah. Namun, Masjid Koto Tuo dapat luput dari lalapan api. Peristiwa serupa terjadi pada 1939, masjid kembalil dapat terhindar dari peristiwa kebakaran.

BACA JUGA: Wow Kerennya Pesona Masjid 99 Cahaya Asmaul Husna

 

    3. Masjid Agung Pondok Tinggi

Masjid ini dikenal dengan nama masjid agung Pondok Tinggi. Nama masjid yang berada di Kota Sungai Penuh tersebut disemat oleh Wakil Presiden Moh Hatta saat berkunjung ke daerah itu tahun 1953. Pembangunannya dimulai pada tanggal 1 Juni 1874, dan dibangun secara berangsur-angsur dan bergotong-royong hingga selesai sepenuhnya pada awal abad-20.  (***)

Editor: Arya Abisatya
Sumber: Berbagai Sumber