Ilustrasi

Badan Anda Bau ? Ini Penyebabnya Dan Cara Mengatasinya

JAMBI, bungopos.com - Bau badan biasanya berasal dari keringat kita sendiri, Bau badan adalah salah satu masalah yang sering membuat seseorang tidak percaya diri, Penyebab bau keringat atau bau badan sebetulnya adalah bakteri dari luar cairan keringat itu sendiri, di tubuh manusia ada banyak sekali jutaan bakteri tidak berbahaya yang berdiam di permukaan tubuh.

BACA JUGA: Tidur Setelah Sahur Bahaya Gak Bagi Kesehatan ? Ini Penjelasannya

Bakteri-bakteri tersebut bertahan hidup dan berkembang biak di lingkungan yang lembab dan kaya nutria seperti di daerah ketiak. Untuk bertahan hidup bakteri memakan keringat manusia dan memprosesnya dalam system metabolisme mereka. Proses metabolisme ini menghasilkan produk sampingan sehingga menyebabkan keringat seperti bau bawang.

BACA JUGA: Ini Kaitan Disfungsi Ereksi dan Kesehatan Mental

Cara Mengatasi Bau Badan:
  1. Memakai Sabun Antibakteri

    Untuk menghilangkan bau badan kalian dapat memakai dan menggunakan sabun dengan kemasan yang mencantumkan antibakteri, bertujuan untuk membasmi bakteri yang ada pada tubuh kita.

  2. Menggunakan Deodoran

    Cara menghilangkan bau badan dengan kamu menggunakan dan memakai deodorant, memang deodoran tidak dapat mencegah keringat kita tetapi wangi dari deodorant mampu menghalangi bau badan.

    BACA JUGA: Terima Penghargaan dari Menteri Kesehatan, Ini Harapan Bupati Bungo
  3. Menjaga Kebersihan Diri Sendiri

    Cara menghilangka bau badan adalah dengan mandi yang rutin untuk menjaga kebersihan pada tubuh kita. Dengan kita rajin mandi dan menerapkan lingkungan yang selalu bersih, maka bakteri atau penyebab bau badan akan berkurang bahkan hilang.

  4. Membersihkan Bulu Ketiak

    Membersihkan bulu ketiak dapat mencegah bau badan, karena kulit yang bebas dari bulu ketiak akan lebih mudah dibersihkan, mengingat juga bahwa bulu-bulu tersebut bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri.

    BACA JUGA: Ganggu Penampilan dan Kesehatan, Ini 8 Pemicu Perut Buncit
  5. Memperhatikan Asupan Makanan

    Cara menghilangkan bau badan adalah dengan mengontrol asupan makanan, karena beberapa makanan dapat memicu bau badan lho misalnya, kopi, bawang merah, dan makanan pedas. (***)

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://umsu.ac.id/