Jambu Merah

Anda Jerawatan ? Rasakan Manfaat Jambu Biji Merah Guava Ini

Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, manfaat jambu biji merah bagi kesehatan sangat banyak. Bahkan, buah ini sering dijuluki sebagai buah “super”,Jambu biji dapat dikonsumsi langsung ataupun dijadikan berbagai olahan, seperti jus buah dan selai. Tak hanya buahnya, daun jambu biji juga sering kali dimanfaatkan untuk berbagai pengobatan, mulai dari gangguan pada saluran cerna hingga diabetes.

Kandungan Gizi Didalam Buah Jambu Biji Merah

Buah ini pun dapat kamu makan secara langsung untuk dijadikan cemilan sehat setiap hari. Walaupun begitu, apapun cara mengkonsumsinya, buah jambu biji, baik yang merah atau putih, sama-sama mempunyai kandungan gizi yang bagus untuk tubuh.

Ada pun mengenal kandungan nutrisi ini bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi mu sehari-hari. Tidak hanya nutrisi yang ada di atas saja, buah jambu biji pun mempunyai berbagai jenis vitamin yang lainnya seperti folat atau vitamin B9 dan vitamin A.

Manfaat Jambu Biji Merah untuk Kesehatan

Menurut kandungan gizi tersebut, ada banyak manfaat dari buah jambu biji merah, seperti:

  1. Menurunkan tekanan darah
    Bagi seseorang yang mempunyainya penyakit tekanan darah tinggi pasti dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini. Biji jambu tidak hanya mengandung jumlah kalium humongous (60 persen lebih tinggi dari pisang) yang mengatur aliran serta tekanan darah dalam tubuh.
  2. Mengobati Jerawat
    Manfaat jambu biji juga bisa dirasakan bagi kesehatan kulit, lho. Berbagai macam vitamin dan antioksidan dalam buah ini dapat bekerja sangat baik untuk kulit.Karena, kandungan antioksidannya dapat melindunginya kulit dari kerusakan yang bisa memperlambatnya proses penuaan dan mencegah keriput.Apalagi ekstrak daun jambu biji dapat membantu mengobati jerawat ketika diterapkan langsung ke kulit.Satu studi menemukannya bahwa ekstrak daun jambu biji efektif dalam membunuh bakteri penyebab jerawat, karena sifat antimikroba dan anti-inflamasinya.
  3. Menurunkan Risiko Kanker
    Likopen, quercetin, vitamin C dan polifenol lainnya bertindak sebagai antioksidan kuat yang menetralisir radikal bebas yang dihasilkan dalam tubuh, sehingga mencegah pertumbuhan sel kanker. Dengan berbagai kandungan antioksidan tersebut, buah jambu memiliki manfaat untuk mengurangi risiko kanker.
  4. Meredakan flu dan batuk
    Kandungan vitamin C dalam jambu biji juga bagus untuk meredakan batuk dan flu.Vitamin C bersifat antioksidan dan antibakteri yang dapat membantu memecah lendir serta menghilangkan kuman yang menginfeksi sistem pernapasan.
  5. Melancarkan saluran pencernaan
    Manfaat jambu biji lainnya adalah melancarkan sistem pencernaan. karena jambu biji mengandung serat yang tinggi, sehingga mampu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus. Selain itu, ekstrak daun jambu biji juga diketahui dapat mengurangi intensitas buang air besar pada penderita diare sekaligus menetralkan bakteri berbahaya di usus yang menyebabkan diare. (***)
Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://umsu.ac.id/