Jambekspres.co.id

Mati di Bulan Ramadhan Apakah Jaminan Masuk Surga?

MENGENAI waktu istimewa ketika seseorang wafat seperti bulan Ramadan, kita tidak bisa menghakimi secara pasti bahwa hal tersebut menjadi pertanda bahwa orang pasti dijamin masuk surga.   

Hal ini sebagaimana dalam fatwa Syekh Nur Ali Salman yang dikeluarkan oleh Dairatul Ifta Yordania di website resminya, aliftaa.jo menyatakan, bukanlah menjadi indikator orang yang mati di bulan Ramadan menjadi sebab ia masuk surga. 

فَدُخُوْلُ الْجَنَّةِ بِفَضْلِ اللَّهِ، وَسَبَبُهُ الْعَمَلُ الصَّالِحُ، وَرَمَضَانُ مَوْسِمٌ لِلْعَمَلِ الصَّالِحِ. وَلَيْسَ مَعْنَى ذَلِكَ أَنَّ كُلَّ مَنْ مَاتَ فِيْ رَمَضَانَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ، فَدُخُوْلُ الْجَنَّةِ بِسَبَبِ الْعَمَلِ كَمَا ذَكَرْتُ  

Artinya, "Masuk surga itu karena anugerah Allah, dan sebabnya karena amal saleh. Bulan Ramadan menjadi waktu untuk beramal saleh. Tapi bukanlah maknanya siapa saja yang wafat di bulan Ramadan akan masuk surga. Masuk surga itu karena sebab amal seperti yang telah kusebutkan” (Dairatul Ifta, Fatwa Nomor 2322).  

Jelas di sini, manusia tidak berhak menghakimi berdasarkan tempat atau waktu kematiannya. Tugasnya hanyalah memperbanyak amal saleh lalu berserah diri kepada Allah. Tetap memohon untuk mati dalam kondisi husnul khatimah.   

Fatwa ini juga meluruskan kesalahpahaman dalam memaknai hadis Abu Hurairah di atas.   Jika Allah menakdirkan seorang mukmin wafat di bulan Ramadan atau bulan lain yang punya keutamaan ataupun di tempat-tempat yang istimewa seperti Makkah, Madinah, dan Baitul Maqdis, maka diharapkan menjadi sebab bertambahnya rahmat dan ampunan Allah kepadanya. Dua hal ini menjadi bonus yang membedakannya dari waktu dan tempat yang lain.

Inti fatwa, meninggal di bulan Ramadan bukan menjadi sebab kita masuk surga, melainkan amal saleh yang menjadi tanda ia dapat tiket masuk surga. Justru ketika kita mengaitkannya dengan tempat atau waktu seolah-olah kita membatasi rahmat Allah. Padahal, rahmat-Nya luas tanpa sekat.   Poin pentingnya adalah amal saleh. Ketika kita wafat sedang kita beramal saleh maka kelak kita dibangkitkan juga dalam kondisi beramal. Seperti keterangan dalam hadis riwayat Jabir bin Abdullah berikut.

  ‌يُبْعَثُ ‌كُلُّ ‌عَبْدٍ ‌عَلَى ‌مَا ‌مَاتَ ‌عَلَيْهِ  

Artinya, “Tiap manusia akan dibangkitkan sesuai dengan kondisinya saat meninggal”. (Muslim bin Al-Hajjaj, Shahih Muslim, [At-Turkiyah], juz VIII, halaman 165)  

Artinya, tatkala seseorang dicabut nyawanya sementara dia sedang beramal saleh, maka juga akan dibangkitkan dalam keadaan serupa. Hadis ini menjadi acuan kita untuk terus beramal saleh tiap waktu agar ketika hari kebangkitan (yaumul ba’ats) dalam kondisi taat dan beramal.   

Mufti Mesir sekarang, Syekh Syauqi ‘Allam menjelaskan:  

نرجو أن يكون هذا محل القبول والرجاء بسبب هذا الزمان أو المكان، وبلا شك فالصائم والحاج هما في طاعة، ومن مات على طاعة سيبعث على الكيفية التي مات عليها  

Artinya, “Kita berharap itu menjadi tempat diterimanya orang tersebut dan pengharapan dengan perantara waktu (Ramadan) ini atau tempat mulia ini. Tidak diragukan lagi orang puasa dan orang haji pasti dalam kondisi taat dan orang yang meninggal dalam ketaatan akan dibangkitkan sesuai dengan cara saat ia mati.” (Darul Ifta' Mesir).  

Catatan yang penulis ambil dari keterangan di atas ialah orang berpuasa pasti dalam posisi taat. Itulah yang menjadi indikator posisinya akan masuk surga. Lagi-lagi karena amal.   Logiskah kiranya, ketika ada orang yang meninggal di bulan Ramadan tapi ia tidak berpuasa tanpa uzur lalu kita katakan dia dijamin masuk surga? Sebaliknya, ada orang alim dan saleh wafatnya di luar bulan-bulan ataupun tempat-tempat yang mulia lalu kita katakan ia tidak dijamin masuk surga.  

Penjelasan ini bukan menghilangkan kuasa Allah yang memasukkan hamba-Nya ke dalam surga. Tetap kita berkeyakinan Allah-lah yang punya hak menentukan nasib hamba-Nya di akhirat kelak. Tapi untuk mendapatkan nasib yang baik itu salah satunya dengan melakukan amal saleh yang dapat mendatangkan rahmat dan kecintaan Allah kepada kita. Tugas kita adalah berusaha untuk memaksimalkan amal saleh dan ketaatan di mana pun dan kapan pun. Berharap Allah akan mencabut nyawa kita dalam kondisi melakukan amal saleh.   Karena itulah yang dimaksud dari penjelasan hadis yang dikemukakan di awal. Amal saleh akan menjadi bekal kita meraih rahmat dan kasih sayang Allah dan kemudian mengantarkan kita menuju surga-Nya di akhirat kelak. Amin. Wallahu a’lam.  

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://islam.nu.or.id/