PRESIDENT : Jokowi

2024, Pemerintah Bakal Buka 2,3 Lowongan CASN, Lulusan S1 Fresh Graduate Prioritas

JAKARTA, bungopos.com - Pemerintah pada tahun 2024 ini berencana akan membuka lowongan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). Sebanyak 2,3 juta yang akan dibuka. Oleh karena itu, diberikan kesempatan kepada S1 Fresh Graduate. 

"Melalui kesempatan ini saya mengundang saudara-saudara, talenta-talenta muda hebat Indonesia untuk memanfaatkan peluang rekrutmen calon ASN tahun 2024. Dan menjadi bagian dari semangat reformasi birokrasi serta pelayanan publik yang berdampak dan lebih baik," ujar Jokowi melalui keterangan persnya dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengatakan pemerintah membutuhkan para pembelajar muda yang terampil dari berbagai disiplin ilmu untuk mendukung pelayanan publik berbasis digital, efisiensi birokrasi, dan mendorong peningkatan kinerja serta akuntabilitas Pemerintah.

"Pemerintah memberikan kesempatan bagi para lulusan baru atau fresh graduate dengan membuka formasi CPNS tahun 2024 sebanyak 690 ribu orang. Yang tersebar di instansi pusat 207 ribu dan instansi daerah 483 ribu," jelas Jokowi.

"Pemerintah juga akan menyelesaikan penataan non-ASN berdasarkan data base BKN sebagaimana amanat Undang-Undang nomor 20 tahun 2023 tentang ASN di mana tahun ini dilakukan rekrutmen sebanyak 1.600.000 formasi yang belum diangkat sebagai PPPK. Formasi-formasi tersebut akan dialokasikan untuk guru dan dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan. Sehingga tahun ini pemerintah akan membuka rekrutmen calon aparatur sipil negara sebanyak 2,3 juta formasi," tambahnya. (***)

Editor: Arya Abisatya
Sumber: YouTube Sekretariat Presiden