INVESTASI : Meningkatkan daya tahan terhadap berbagai kondisi keuangan anda

Anda Ingin Bebas Finansial di Masa Tua, Berikut Tips Yang Harus Dijalankan

JAMBI, bungopos.com - Tujuan perencanaan keuangan adalah untuk mencapai financial freedom di masa pensiun. Definisi financial freedom yaitu kondisi seseorang bisa mencukupi semua kebutuhan hidupnya, dan memiliki kelebihan uang untuk bisa membantu orang lain. Besarnya uang atau nilai aset agar seseorang disebut sudah mencapai financial freedom tentu berbeda-beda. Tergantung standar hidup dan tanggungan hidup masing-masing. 

Dalam perencanaan keuangan, pilar pertama adalah memiliki tabungan untuk membiayai kebutuhan hidup sehari-hari. Dalam teori perencanaan keuangan disebutkan, besarnya biaya kebutuhan hidup harus dicukupi dari 70% penghasilan. Dan sisakan 30% lainnya untuk melengkapi pilar keuangan berikutnya. 

Kepiawaian seseorang mengelola 70% gaji atau hasil usaha yang diperolehnya menentukan cepat lambatnya sesorang mencapai financial freedom di usia pensiun. Semakin besar gaji atau income yang diperoleh, semakin kita bisa mendapatkan kelebihan uang dari 70% tersebut. Misalnya, jika seseorang memiliki gaji Rp20 juta, maka maksimal Rp14 juta yang bisa digunakan untuk biaya hidup. 

Uang tersebut harus dibagi-bagi lagi ke dalam pos-pos sesuai kebutuhan. Misalnya, cicilan KPR, biaya rumah tangga, biaya transportasi, biaya sekolah anak, biaya liburan, dan lain-lain. Jika ada lebih maka bisa dimasukkan di rekening bank kedua yaitu tabungan. Tabungan ini bisa direncanakan untuk uang pensiun atau biaya renovasi rumah, membeli kendaraan di masa depan, dan lain-lain. 

Lalu untuk apa yang 30% tadi? Jika gaji tadi misalnya Rp20 juta, diapakan yang Rp6 juta? Ada tiga pos lagi yang perlu dipersiapkan. Yaitu pilar kedua, dana darurat. Dana darurat sesuai namanya, bertujuan untuk melindungi keuangan keluarga dari kondisi darurat seperti jika tiba-tiba mengalami PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) atau bisnis tiba-tiba mengalami kemunduran usaha

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://www.idx.co.id/