MERUSAK MATA : Aktivitas yang terlalu padat menatap gadget atau laptop berdampak kepada kesehatan mata

Kamu Sering Menggunakan Ponsel Namun Takut Rabun ? Ini Tips Menjaga Kesehatan Mata

JAMBI, bungopos.com - Mata merupakan organ vital pada manusia, mata sangat penting bagi kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Namun tidak semua orang memiliki kesadaran untuk menjaga kesehatan mata. Padahal, menjaga kesehatan mata sebenarnya merupakan hal yang cukup mudah untuk kita lakukan

BACA JUGA: Tablet Tambah Darah Bikin Bayi Susah Lahir, Mitos Atau Fakta ? Ini penjelasannya

Lalu, tahukah kamu menatap telepon selular atau computer dapat mempengaruhi kesehatan mata. Pada dasarnya, berfokus pada objek yang sama, menatap ke satu arah secara terus-menerus dan dalam jarak sama dapat membawa efek buruk pada otot-otot mata, Kebiasaan sehari-hari ini seringkali secara tanpa sadar sering mempengaruhi kesehatan mata kita, dan bisa merusak penglihatan. 

BACA JUGA: Anda Sering Sakit Kepala ? Ini Dua Sayuran Sebagai Obatnya

Profesor Chris Lohmann yang bekerja di rumah sakit Universitas Teknik München, Jerman, mengatakan kebiasaan ini meningkatkan risiko berkurangnya ketajaman penglihatan jarak jauh. Lantas, bagaimana caranya menjaga kesehatan mata, meskipun sering menatap handphone atau laptop. Berikut tips yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari :

1.  Jaga jarak pandang 
Pada saat menggunakan gawai, pastikan kamu tetap menjaga jarak pandang yang aman yakni sekitar 40–50 centimeter dari layar. Dengan menjauhkan mata dari layar gawai, maka paparan cahaya yang diterima mata dari layar gawai dapat berkurang.

BACA JUGA: Anak Anda Demam ? Ini Obat Turun Panas Ala Jambi

2.  Kurangi kecerahan layar 
Adapun tips menjaga kesehatan mata di era digital lainnya ialah dengan mengurangi tingkat kecerahan layar pada gawai yang sedang digunakan. Hal ini juga dapat membantu mata agar tidak cepat lelah akibat paparan cahaya dari layar gawai atau ponsel pintar.

3.  Melakukan rule 20 : 20 : 20 saat menggunakan gadget  
Penggunaan gadget terlalu lama dapat meningkatkan resiko kerusakan pada mata, hal itu dikenal dengan Computer Vision Syndrome (CVS). CVS ini dapat menyebabkan mata kering, sakit kepala, serta nyeri leher. Untuk mencegah hal tersebut dapat melakukan tips 20 : 20 : 20, yaitu mengalihkan pandangan setelah menatap layar selama 20 menit, sejauh 20 kaki atau 6 m, alihkan pandangan selama 20 detik.

BACA JUGA: Pernahkah Sakit Gigi ? Ini Obat Tradisional Redahkan Sakit Gigi

4. Relaksasi mata 
Selain itu, untuk mengurangi beban kerja mata, kamu juga dapat melakukan relaksasi mata dengan cara menggosok-gosok kedua tangan. Lalu meletakkan hangatnya tangan di atas kelopak mata yang dipejam atau dengan memijat pelan kedua pelipis.

BACA JUGA: Polusi Udara Meningkat, Lho Lho Gak Bahaya Ta ? Ini Obat Herbal Cegah Dampak Polusi

5. Harus bisa membatasi waktu
Jadi meski sudah melakukan hal-hal di atas, tetapi jika kamu bermain gawai cukup lama, maka hal itu juga sama saja tidak ada artinya. Maka dari itu, durasi penggunaan gawai dapat dibatasi maksimal selama 2 jam, kemudian istirahat selama 10 menit sampai 15 menit.

Para pengguna gadget… Ingat untuk tetap menjaga kesehatan mata, untuk mencegah gangguan penglihatan. (***)

 

Editor: Arya Abisatya
Sumber: ayosehat.kemkes.go.i