CAPRES 2024 : Para calon presiden 2024 yang akan berlaga

Pemilu 2024 Hanya Dua Poros, Mungkinkah ? Ini Jawaban Akademisi Unja

JAMBI, bungopos.com - Pengamat politik yang juga pengajar ilmu politik pada Program Studi Ilmu Pemerintahan dan Politik Universitas Jambi, Navarin Karim mengatakan wacana dua poros di Pilpres 2024 hanya akan terjadi jika survei Anies Baswedan semakin menanjak tajam.

BACA JUGA: Memasuki Masa Reses, Ini Warning Bawaslu Pada Caleg Incumbent

"Tentang peluang terjadinya dua poros, menurut saya sulit. Apakah mungkin, PDIP mau menurunkan posisi mereka untuk Ganjar menjadi Cawapres Prabowo?," kata Navarin.

Menurut dia, ketika PDIP merasa gengsi, ada kemungkinan Ganjar akan nyapres sendiri dengan memilih wakil yang tepat. Karena jika wakil tidak tepat, maka tidak akan mendulang suara. 

BACA JUGA: Mau Jadi Politisi ? Ini Lima Kepribadian Yang Harus Kamu Miliki

"Jadi faktor elektabilitas juga sangat penting. Oleh karena itu saya pikir peluang dua poros itu terbuka saja," katanya.

Bisa jadi lanjutnya Ganjar akan menjadi wakil dari Prabowo Subianto. Hanya saja lanjutnya apakah ibu Mega mau mengalah. Karena memang posisi Prabowo sebagai presiden tidak bisa diutak atik lagi.

BACA JUGA: Ini Dia Pantun Politik Untuk Pemilu 2024

''Saya kira peluang dua poros 60 persenlah, tapi kita lihat sama-sama, wait and see. Karena memang politik itu dinamis,"" tandasnya.(***)

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya