ILUSTRASI : Puasa menahan lapar dan dahaga

Banyak Sekali Manfaat Puasa Senin Kamis, Ini Beberapa Diantaranya

JAMBI, bungopos.com - Salah satu puasa sunnah yang dianjurkan adalah puasa senin dan kamis. Banyak diantara ummat Islam mengamalkan puasa ini. Disamping berniat karena lillahitaalah, ada juga berniat diet. Padahal, puasa ini banyak sekali manfaatnya. Berikut manfaat dari puasa tersebut, antara lain : 

BACA JUGA: Sambut Baik Bergabungnya PKB, Tapi PKS Belum Setujui Gus Muhaimin Jadi Cawapres Anies, Ini Alasannya

1. Menghapus Dosa-dosa Kecil 

Salah satu hikmah puasa Senin Kamis adalah menghapus dosa-dosa kecil yang dilakukan oleh seorang muslim. Rasulullah SAW bersabda:

“Amal perbuatan manusia dinaikkan pada hari Senin dan Kamis, maka aku senang amalku dinaikkan ketika aku berpuasa.” (HR. Tirmidzi)

 

BACA JUGA: Setelah Istikharah Para Kiyai, Gus Imin Setujui Pinangan Sebagai Cawapres Anies, Ini Kiyai Yang Istikharah di Mekkah

 

2. Menyucikan Jiwa dan Badan

Hikmah lain dari puasa Senin Kamis adalah menyucikan jiwa dan badan dari kotoran-kotoran yang menempel pada diri kita. Puasa adalah ibadah yang melibatkan seluruh anggota tubuh untuk menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa, seperti makan, minum, berhubungan suami istri, dan lain-lain. Dengan demikian, puasa dapat membersihkan badan dari hal-hal yang tidak bermanfaat atau bahkan merusak.

3. Menjaga Kesehatan Badan

Puasa Senin Kamis juga memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan tubuh. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Amr bin Al-As, Rasulullah SAW bersabda, "Puasa itu merupakan obat penyembuh, selama ia tidak dilakukan berlebihan" (HR Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA: Gus Muhaimin Jadi Cawapres Anies, Ini Tanggapan Kiyai NU

4.  Menjaga Sel Darah Putih

Puasa Senin Kamis bisa menambah sel darah putih yang ada di dalam tubuh. Sel darah putih berguna untuk tubuh dan meningkatkan kecerdasan dan daya ingat. Selain itu, sel darah putih mampu menangkal penyakit untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. (arm)

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya