Prof Hilman Latief, PhD

Seleksi Petugas Haji 2024 Segera Dibuka, Ini Jadwalnya

JAKaRTA, bungopos.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama mulai membuka seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Tahun 2024. Pendaftaran dibuka untuk kuota petugas kloter dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

BACA JUGA: Harga Pinang Turun, Warga Gak Usah Khawatir, Ini Solusi Dari Akademisi Unja

"Dalam waktu dekat, kami akan melakukan seleksi petugas haji, karena semua harus clear tahun ini," kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief di Semarang, Rabu (30/8/2023) malam dikutip dari laman Kemenag.

BACA JUGA: Diisukan Cak Imin Cawapres Anies, Ini Pernyataan Politik Partai Keadilan Sejahtera


Hilman mengungkapkan, Indonesia mendapat 221.000 kuota haji pada 2024. Sementara untuk petugas, saat ini baru 2.200. Kemenag sedang bernegosiasi dengan pemerintah Arab Saudi agar bisa ditambahkan kuota petugas haji. Tahun 2023, jumlah petugas haji lebih dari 4000.

Sementara Direktur Bina Haji Arsad Hidayat menambahkan, Evaluasi Kinerja Petugas PPIH Arab Saudi akan me-review sistem rekrutmen petugas. Sejumlah kelemahan dalam seleksi petugas akan diperbaiki

BACA JUGA: Stok Beras di Kabupaten Bungo Aman, Jaga Kondisi Stok Bupati Lakukan Ini


"Skema online dan terbuka akan tetap dipertahankan. Kita harapkan bisa mendapat petugas terbaik," sebutnya.


Evaluasi, kata Arsad, juga akan me-review pola bimbingan teknis petugas, penilaian kinerja, rencana reformulasi mekanisme pemberangkatan dan pemulangan petugas, serta analisa beban kerja dalam rangka peningkatan renumerasi petugas sesuai beban kerjanya.

BACA JUGA: Agar Orang Desa Rezeki Kota, Ini Saran Mendagri Tito Karnavian

 
"Jika penilaian kinerja meningkat, mudah-mudahan ada penyesuaian honor petugas haji," ungkapnya. (**)
Editor: Arya Abisatya
Sumber: www.kemenag.go.id