Proses evakuasi pendaki asal Jakarta di shelter 3 Gunung Kerinci / istimewa

Pendaki Asal Jakarta yang Jatuh di Gunung Kerinci Berhasil Dievakuasi Meski Hujan Deras

KERINCI, bungopos.com- Martinus (31 thn) seorang pendaki asal Jakarta Jumat 18 Agustus 2023 jatuh di shelter 3 jalur pendakian Gunung Kerinci.

Meski hujan lebat dan medan yang sangat berat, Martunis akhirnya berhasil juga dievakuasi.

Kepala Seksi Pengawasan Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BB-TNKS) wilayah I Kerinci, Nurhamidi, mengatakan Martunis jatuh saat mendaki bersama teman – temannya.

Kepala Kantor Basarnas Jambi, Kornelis mengatakan bahwa Komunikasi Basarnas Jambi menerima informasi dari Pak Dudung (TNKS) Gunung Kerinci bahwa telah terjadi kondisi membahayakan manusia 1 orang yang mengalami cedera alat gerak bawah (kaki) saat mendaki Gunung Kerinci.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, Tim Rescue Pos SAR Kerinci langsung bergerak menuju Lokasi bersama dengan Tim Gabungan lainnya yang terdiri dari Tim TNKS, BPBD, Organisasi Pecinta alam, dan warga.

Tim SAR Gabungan membawa Peralatan seperti Peralatan Jungle Rescue, Peralatan Medis, Peralatan Evakuasi, GPS, dan Peralatan Komunikasi.

Rombongan menuju lokasi kejadian Shelter 3 pada siang hari dengan cuaca hujan ringan.

Setelah Kurang lebih Perjalanan selama 10 Jam, Tim SAR Gabungan akhirnya tiba di lokasi pada malam hari dan langsung melakukan penanganan awal terhadap korban untuk menstabilkan cedera pada bagian kaki.

Dini hari (19/8) Korban langsung di evakuasi menggunakan tandu oleh SAR Gabungan dari Shelter 3 menuju Posko R10.

Cuaca saat proses evakuasi di lokasi hujan deras sehingga mengakibatkan Jalur cukup licin dan berlumpur.

Akhirnya pada pukul 10.30 WIB korban berhasil di evakuasi menuju posko R10 dan selanjutnya dibawa menuju puskesmas terdekat menggunakan ambulan untuk dilakukan penangan medis lebih lanjut.

Komandan Pos SAR Kerinci Bambang Hermawan mengucapkan banyak terimakasih kepada unsur unsur yang terlibat dalam proses evakuasi ini.

"Semoga Tim SAR Gabungan selalu menjaga kekompakan dalam setiap Pelaksanaan Operasi SAR," Ujarnya.

Kasi BB TNKS Nurhamidi dikonfirmasi membenarkan hal ini. Saat ini korban jatuh di shelter 3 masih dalam perawatan. (hdp)

 

Penulis: Dede
Editor: Balqis
Sumber: Jambi Ekspres