BATUK : banyak obat tradisional untuk meringankan batuk pada anak

Anak Anda Batuk Pilek ? Ini Obat Tradisionalnya !

JAMBI, bungopos.com - Memasuki musim pancaroba, para bunda harus lebih waspada menjaga kesehatan. Terutama pada anak-anak bunda yang memiliki riwayat alergi. Karena biasanya lebih rentan terkena batuk dan pilek. Tapi, gak perlu khawatir, ini ada beberapa obat batuk dan filek yang bisa jadi referensi para bunda. Paling tidak, bisa meringankan batuk filek anak-anak bunda. Obat tradisionalnya yakni adalah sebagai berikut : 

1. Jahe dan Gula Aren

Salah satu obat tradisional untuk batuk pilek, bisa menggunakan bahan jahe. Bahan yang perlukan yaitu seruas jahe, 4 cangkir air, dan gula aren secukupnya. Cara membuatnya: kupas jahe dan cuci bersih, kemudian potong kecil. Setelah itu, masukkan ke dalam wadah yang sudah berisi 4 cangkir air. Rebus campuran dengan wadah tertutup sekitar 15 menit. Setelah dingin, saring lalu tambahkan gula aren secukupnya, aduk rata. Lalu minum.

2. Jeruk Nipis dan Teh Kental

Bahan-bahan yang harus disiapkan oleh bunda-bunda yakni enam sendok teh air jeruk nipis, secangkir air teh kental, gula batu secukupnya. Sedangkan cara membuatnya yakni dengan mencampur semua bahan hingga larut, lalu minum secukupnya.

3. Bawang Merah dan Minyak Kayu Putih

Untuk obat tradisional yang satu ini cukup mudah didapatkan. Cukup siapkan yang diperlukan adalah 2-3 siung bawang merah, 4 sendok teh minyak kelapa, 1 sendok makan garam dapur, 3 tetes minyak kayu putih.Cara membuatnya, campur semua bahan menjadi satu dalam wadah yang bersih. Aduk rata, lalu oleskan pada bagian telapak kaki anak, punggung, dan dada. (***)

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya