DESA PONGOK : Salah satu objek wisata desa Pongok / Foto: jatengprov.go.id

Inilah Lima Desa Terkaya di Indonesia

MUARA BUNGO, bungopos.com - Kehadiran dana desa dirasakan banyak manfaatnya oleh desa. Dengan kehadiran dana desa, hari ini bermunculan sejumlah desa terkaya di Indonesia. Desa ini memiliki APBDes yang demikian besar. Berikut adalah lima desa terkaya di Indonesia :

1. Desa Kutuh Bali

Desa ini di Kuta Selatan, Badung, Bali. Desa yang memiliki potensi wisata yang besar tersebut mampu memperoleh pendapatan hingga Rp50 miliar yang dihasilkan dari sektor pariwisata.

2. Desa Bendar

Desa Bendar yang berlokasi di Juwana, Pati, Jawa Tengah. Masyarakat didesa ini mayoritas bekerja sebagai nelayan. Oleh sebab itu desa Bendar mampu memperoleh penghasilan sekitar Rp80 juta hingga Rp100 juta per bulan. 

3. Desa Ponggok

Desa yang terletak di  Jawa Tengah ini berhasil mengembangkan potensi wisatanya dengan memperoleh pendapatan desa hingga Rp 14 miliar per tahun. Dulunya, desa ini merupakan desa terpencil  yang memiliki pendapatan sebesar Rp 80 juta saja per tahun.

4. Desa Teluk Meranti

Desa selanjutnya yang merupakan desa terkaya yakni, Teluk Meranti. Desa yang terletak di Provinsi Riau ini memiliki ombak Bono di Sungai Kampar. Desa ini sering dikunjungi oleh peselancar.

5. Desa Waturaka

Pada tahun 2017 desa ini pernah dinobatkan sebagai Desa Wisata Alam Terbaik. Desa yang terletak di Kecamatan Kelimutu Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini mampu mengoptimalkan segala potensi alamnya. Sehingga menjadi desa dengan tempat wiata terbaik. (arm)

 

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya