TERTINGGAL : Kantor desa Sungai Benuh

Mau Tahu Desa Dengan Penduduk Paling Sedikit di Provinsi Jambi ? Ini Desanya

Posted on 2023-09-23 23:43:02 dibaca 1616 kali

JAMBI, bungopos.com - Jambi memiliki 1399 Desa yang tersebar di 11 kabupaten kota. Desa di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah ini memiliki karakter dan demografis yang bermacam-macam. Ada yang wilayahnya besar, tapi ada juga yang kecil. Salah satu desa dengan penduduk paling sedikit di provinsi Jambi yakni Sungai Benuh.

Desa ini terletak di Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjungjabung Timur. Desa ini berhadapan langsung dilaut lepas Samudera Hindia. Desa ini berbatasan langsung dengan provinsi Sumatera Selatan, yakni Desa Tanah Pilih. Perbatasan desa ini hanya sungai yang lebar kira-kira 20-an meter. 

Berdasarkan indeks desa membangun tahun 2023, desa ini masih berstatus  tertinggal. Dari informasi yang dihimpun media ini, luas desa tersebut yakni 6818 ha. Total jumlah penduduk sebanyak 62 KK dengan jumlah rumah tangga miskin sebanyak 21 KK. Penduduk ini rata-rata memiliki rumah di pinggiran sungai. Terkait fasilitas pendidikan seperti SD masih menumpang ke desa tetangga. 

Untuk mencapai wilayah ini bisa dilalui dengan jalan darat saat musim kemarau. Tetapi, ketika musim penghujan sangat sulit untuk menjangkaunya. Karena belum ada ruas jalan aspal menuju desa tersebut. Dari kota Muara Sabak untuk kedesa ini ditempuh perjalanan lebih kurang 12 jam melalui jalur darat. Dan bisa juga dilalui lewat jalur laut, tetapi harus siap-siap menghadapi gelombang tinggi, jika masih musim gelombang. (arm)

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya
Copyright 2023 Bungopos.com

Alamat: Graha Pena Jambi Ekspres,
Jl. Kapt. Pattimura No. 35 KM. 08
Kenali Besar, Kec. Alam Barajo, Kota Jambi

Telpon: -

E-Mail: bungoposonline@gmail.com