Ketua sementara MPR RI Guntur Sasono menerima memori MPR dari Ketua MPR RI 2019-2024 Bambang Soesatyo. (Foto: tangkapan layar TV Parlemen)

Hari Ini Ketua MPR RI Dipilih , Ini Calon Ketua MPR

JAKARTA, bungopos.com - Ketua sementara Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Guntur Sasono mengumumkan bahwa pemilihan pimpinan MPR RI 2024–2029 digelar pada Kamis (3/10/2024) besok.

Anggota MPR yang terdiri dari anggota DPR dan DPD itu akan diselenggarakan setelah Rapat Paripurna dari kedua unsur tersebut.

 "Pada Kamis 3 Oktober 2024 akan dilaksanakan Sidang Paripurna MPR dengan agenda penetapan pimpinan MPR periode 2024–2029, setelah adanya kesepakatan bersama fraksi dan kelompok DPD, dan sidang paripurna MPR dengan agenda pembentukan alat kelengkapan MPR,” katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).   Sementara itu, Anggota DPR RI Ahmad Muzani menjelaskan bahwa pada Rabu (2/10/2024) pukul 14.00 digelar rapat untuk konsultasi menentukan pimpinan MPR.

"Sehingga tunggu rapat konsultasi dan dari rapat konsultasi itu nanti malam akan dilakukan rapat paripurna. Tunggulah nanti rapat konsultasi itu siapa nama yang akan muncul," katanya di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Ketua DPD RI Sultan Bachtiar Najamudin mengatakan bahwa akan segera menggelar sidang pleno penetapan Ketua MPR dari unsur DPD RI. Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Ahmad Muzani dicanangkan menjadi calon Ketua MPR RI  2024–2029.

"Penugasan dari Partai Gerindra memang sudah ditetapkan bahwa Pak Ahmad Muzani akan maju sebagai calon ketua MPR," katanya (***)

Editor: arya abisatya
Sumber: https://www.nu.or.id/