Foto: Seorang Warga sedang Menenun Kain Khas Desa Sasak Sade (Wonderfull Images)

Jika Anda ke Lombok, Jangan Lupa Singgah ke Desa Apik ini

LOMBOK, bungopos.com - Jika anda berkunjung ke lombok, jangan lupa singah ke desa-desa berikut ini. Maklum desa berikut ini menyimpan berbagai keanekaragaman kebudayaan. Berikut desa-desa tersebut : 

1. Desa Sade

Desa Sade adalah salah satu Desa Adat Suku Sasak, yang merupakan suku asli di Pulau Lombok. Di sini, pengunjung dapat melihat rumah-rumah tradisional dengan atap berbentuk unik, tersusun dari ilalang yang harus diganti setiap 8 tahun sekali. Lantai dari tanah, yang secara berkala dilulur dengan kotoran kerbau atau sapi agar tidak retak-retak dan berdebu. Selain itu, menarik untuk melihat kehidupan sehari-hari masyarakat setempat. Desa ini terkenal dengan kerajinan tenun ikatnya dan teknik pembuatan kain tradisional yang telah diwariskan turun-temurun. Jika kamu menonton MotoGP, Desa Sade wajib masuk dalam daftar kunjungan kamu karena letaknya yang tidak jauh dari Sirkuit Mandalika.

2. Desa Sukarara

Masih di sekitar Lombok tengah dan tidak jauh dari Sirkuit MotoGP Mandalika, kamu bisa mengunjungi Desa Sukarara. Desa wisata ini merupakan pusat kerajinan tenun ikat Lombok. Di sini, pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan tenun ikat, mulai dari menyiapkan benang hingga teknik menenun yang rumit. Jika kamu berkunjung kesini jangan kaget kalau di setiap rumah pasti banyak wanita yang duduk di depan rumah sambil menenun. Menenun adalah kegiatan sehari-hari kaum wanita Desa Sukarara, dan sudah menjadi tradisi mendarah daging bagi wanita penduduk desa. Desa ini juga menawarkan kesempatan untuk membeli kain tenun ikat yang berkualitas tinggi dan menjadi bagian dari upaya pelestarian seni tradisional Lombok. (***)

Editor: arya abisatya
Sumber: https://www.kemenparekraf.go.id/