TAMPIL UNJA : Kajati Jambi tampil didepan Universitas Jambi

Berbicara Didepan Mahasiswa Baru Unja, Ini Yang Disampaikan Kajati Jambi

JAMBI, bungopos.com – Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi (Kajati Jambi), Dr. Hermon Dekristo, S.H., M.H., tampil sebagai narasumber utama dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Jambi 2024.

Kehadiran Dr. Hermon Dekristo di Balairung Universitas Jambi disambut hangat oleh Rektor UNJA, Prof. Helmi, S.H., M.H., didampingi oleh Dr. Fauzi Syam dan sejumlah jajaran pimpinan universitas lainnya. Sebagai narasumber pertama dalam kegiatan PKKMB tahun ini, kehadiran Kajati Jambi menjadi sorotan utama.

Di hadapan ribuan mahasiswa baru, Dr. Hermon, yang didampingi oleh Prof. Helmi dan Rendy sebagai moderator, membangkitkan semangat peserta dengan seruan “Hidup Mahasiswa!” yang disambut antusias oleh para mahasiswa.

Dalam paparannya, Dr. Hermon menyampaikan materi tentang Pengantar Ilmu Hukum dan peran Kejaksaan sebagai institusi penegak hukum. Ia menekankan pentingnya mempelajari hukum dengan tekun dan teliti, serta bagaimana hukum berperan dalam menjaga ketertiban dan memberikan efek jera melalui pemidanaan.

“Sebagai mahasiswa hukum, adik-adik harus mempelajari bidang ini dengan cermat, tekun, dan teliti. Tujuan adanya hukum adalah untuk menciptakan ketertiban, dan tujuan pemidanaan adalah memberikan efek jera,” ungkap Dr. Hermon.

Ia juga menjelaskan tugas pokok dan fungsi kejaksaan, terutama dalam menangani persoalan yang merugikan negara. Dr. Hermon menambahkan bahwa indeks tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kejaksaan terus meningkat, seiring dengan upaya penegakan hukum yang tegas namun tetap humanis.

“Kami selalu berusaha yang terbaik dalam menegakkan hukum, mulai dari penyelidikan, penyidikan, penuntutan, hingga upaya-upaya hukum lainnya. Kejaksaan selalu berupaya menegakkan hukum dengan memperhatikan rasa keadilan di masyarakat, tegas namun humanis,” tambahnya.

Sebagai mantan Kepala Biro Kepegawaian (Biro Peg) Kejaksaan RI, Dr. Hermon juga mengajak civitas akademika UNJA, khususnya para lulusan baru, untuk mengikuti rangkaian seleksi dan bergabung dengan Kejaksaan.

“Pada kesempatan ini, saya mengajak civitas akademika, khususnya lulusan sarjana dari berbagai disiplin ilmu, untuk mengikuti seleksi agar dapat bergabung bersama kami, insan adhyaksa,” ajaknya.

Menutup sesi tersebut, Dr. Hermon memberikan motivasi kepada para mahasiswa baru. “Selalu berpikir positif dan lakukan perbuatan positif untuk mendapatkan hasil yang baik. Dengan usaha dan doa, apapun yang kamu inginkan, pasti bisa kamu capai,” pungkasnya. (***)

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://www.unja.ac.id/