MELEGENDA : Kompones Indonesia yang kental dengan lagu-lagu perjuangan

Peringatan 17 Agustus Kental Dengan Lagu Perjuangan, Ini Dia Tiga Komponis Indonesia Yang Melegenda

JAKARTA, bungopos.com - Dalam menyambut Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia (HUT ke-79 RI), sudah selayaknya kita menggelorakan semangat para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia dari tangan penjajah. Gelora tersebut tak hanya dari teriak penuh semangat, tapi juga tercermin dari makna mendalam dari lagu-lagu karya para komponis legendaris Indonesia yang berjiwa nasionalis.

Sejak zaman kemerdekaan, subsektor musik Indonesia sudah bergelora dan memiliki banyak tokoh musik nasional yang terlibat langsung dalam peristiwa penting di masa lalu. Hebatnya, karya-karya para komponis legendaris tersebut masih terus dikenang sampai sekarang, bahkan meraih banyak penghargaan bergengsi.

Lantas, siapa saja komponis legendaris Indonesia yang telah mengharumkan nama bangsa dan karyanya terus dikenang hingga sekarang?

W.R. Supratman

Wage Rudolf Supratman atau lebih dikenal dengan nama W.R. Supratman, merupakan komponis legendaris Indonesia yang menciptakan lagu Indonesia Raya. Lagu yang menggambarkan semangat dan tekad pemuda Indonesia dalam perjuangan merebut kemerdekaan tersebut pertama kali dinyanyikan pada Kongres Pemuda di Batavia pada 1928.

Sayangnya, W.R Supratman tidak berkesempatan membawakan dan menyanyikan lagu tersebut saat Kemerdekaan Indonesia. Hal ini disebabkan karena komponis legendaris ini meninggal dunia beberapa tahun sebelum kemerdekaan, yakni pada 17 Agustus 1938. Walau begitu, semangat dan makna yang mendalam dari Indonesia Raya tersebut dikenang hingga sekarang.

Ismail Marzuki

Kalau membahas komponis legendaris Indonesia, tentu nama Ismail Marzuki menjadi satu di antaranya. Komponis kelahiran Jakarta ini sudah menciptakan berbagai lagu nasional yang masih terus dikenang dan dinyanyikan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Beberapa karya dari Ismail Marzuki antara lain: Indonesia PusakaGugur Bunga, hingga Rayuan Pulau Kelapa.

Selama 27 tahun berkarya, Ismail Marzuki sudah menciptakan sekitar 250 lagu. Bahkan, dirinya pun sudah mengantongi banyak penghargaan. Baik itu piagam Wijayakusuma dari Presiden Soekarno, sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi kecintaannya pada tanah air, serta namanya yang diabadikan sebagai nama pusat kesenian di Jakarta, yakni Taman Ismail Marzuki.

 

Cornel Simanjuntak

Pastinya Sobat Parekraf sudah hafal dengan lagu Maju Tak Gentar, bukan? Sosok penting di balik lagu penuh semangat tersebut adalah Cornel Simanjuntak. Sampai sekarang, Cornel Simanjuntak dianggap sebagai seorang komponis dan pencipta lagu-lagu patriotik, sekaligus sosok penting dalam perkembangan subsektor musik Indonesia.

Sebagai komponis, Cornel Simanjuntak memiliki andil besar dalam menggerakkan semangat prajurit Indonesia melalui karya-karyanya. Selain Maju Tak Gentar, masih banyak lagu heroik dan patriotik yang diciptakan Cornel Simanjuntak, seperti Tanah Tumpah DarahSorak-sorak BergembiraPada PahlawanTeguh Kukuh Berlapis Baja, dan Indonesia Tetap Merdeka.  (***)

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://www.kemenparekraf.go.id/