OLIMPIADE : Salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade Paris

Menanti Kumandang Indonesia Raya di Olimpiade Paris 2024

JAKARTA, bungopos.com - Sewaktu melepas kontingen Merah Putih di Istana Merdeka, Rabu (10/7/2024) sore, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membakar semangat seluruh atlet dan ofisial yang akan menuju Olimpiade Paris. “Rakyat menginginkan bendera Merah Putih berkibar di arena Olimpiade, lagu Indonesia Raya dikumandangkan di arena Olimpiade, dan saudara-saudara pulang membawa medali,” kata Presiden.

Presiden Jokowi berpesan agar seluruh atlet bertanding dengan penuh semangat dan optimisme, meski menghadapi lawan berat dari berbagai negara. Sebab, menurutnya, mereka yang berlaga di Paris merupakan atlet-atlet terpilih yang telah diseleksi secara ketat untuk tampil di Olimpiade sebagai ajang olahraga bergengsi dunia. Dia meminta seluruh atlet mempersiapkan fisik dan mental dengan baik agar ketika berlaga dapat menang dan membawa pulang medali.

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengungkapkan, pemerintah mendukung penuh kontingen Indonesia sejak dari persiapan, saat berlaga, hingga kembali ke tanah air. Sedangkan Ketua Kontingen Indonesia (Chief de Mission), Anindya Bakrie menyatakan bahwa seluruh atlet dalam kondisi siap bertarung demi Merah Putih. Dia mengatakan, atlet yang dikirim Indonesia merupakan yang terbanyak dalam 20 tahun terakhir mengikuti Olimpiade sejak Olimpiade Athena 2004. Saat itu, Indonesia memboyong 38 atlet dan mampu membawa pulang 1 emas, 1 perak, dan 2 perunggu.

Sementara itu, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari menegaskan, ratusan diaspora dan warga negara Indonesia yang berada di Paris dan sejumlah kota Prancis siap menjadi pendukung atlet-atlet Merah Putih sewaktu bertanding. "Saya menerima informasi dari beberapa komunitas warga dan diaspora Indonesia di Prancis, bahwa mereka siap menjadi suporter atlet-atlet kita yang bertanding di Olimpiade Paris 2024," kata Oktohari.

Mengutip website Olimpiade Paris 2024, perhelatan Olimpiade ke-33 kalinya ini bakal diikuti oleh 10.672 atlet dari 196 negara yang berlomba pada 32 cabor dan 329 nomor. Beberapa pertandingan akan digelar di luar Paris seperti cabor bola tangan di Lille, layar dan sepak bola di Marseille, Lyon, Bordeaux, Nantes, Nice, dan Saint-Etienne. Upacara pembukaan pada 26 Juli 2024 diadakan di lokasi ikonik Paris, Taman Trocadero (Jardins du Trocadero) yang berlatar Menara Eiffel dan Sungai Seine.

Ini adalah pertama kalinya pembukaan Olimpiade tidak diadakan di dalam stadion. Sebuah stadion mini yang dapat dibongkar pasang dibangun di tepi Sungai Seine di mana nantinya defile seluruh kontingen dari 196 negara akan dilakukan menggunakan kapal-kapal khusus dan mereka akan diarak sejauh 6 kilometer. (***)

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://www.indonesia.go.id/