KURIKULUM MERDEKA : Kopertais Wilayah XIII saat monitoring ke IAIMA Jambi

Prof As'ad Ajak PTAIS di Jambi Terapkan Kurikulum Merdeka Belajar

JAMBI, bungopos.com - Rektor UIN STS Jambi, Prof As'ad Isma yang diwakili DR. H. Jamrizal., M.Pd, selaku Sekretaris Kopertais Wilayah XIII Jambi mengajak semua Civitas Akademika IAIMA Jambi agar segera memulai pelaksanaan MBKM (Merdeka Belajar – Kampus Merdeka) di Era Industri 4.0. Hal ini dilakukan dengan  mempedomani Panduan Penyusunan MBKM yang diterbitkan oleh Kemendikbudristek tahun 2020 yang lalu.

''Ciri khas dari Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) didukung oleh keberagaman bentuk pembelajaran dan adanya fasilitas untuk mahasiswa untuk menempuh studinya dalam 3 (tiga) semester di luar program studinya,'' tuturnya. 

Disebutkannya, secara garis besar kurikulum, sebagai sebuah rancangan,  terdiri atas empat unsur, yakni capaian pembelajaran, bahan kajian, proses  pembelajaran untuk mencapai, dan penilaian. Sedangkan perumusan CPL mengacu pada deskriptor KKNI khususnya pada bagian  Pengetahuan dan Keterampilan khusus.

''Pada bagian Sikap dan  Keterampilan Umum dapat diadopsi dari SN-Dikti. Sedangkan penyusunan  kurikulum selengkapnya mengacu pada delapan (8) Standar Nasional  Pendidikan, ditambah dengan 8 Standar Nasional Penelitian, dan delapan (8)  Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat,'' tuturnya. 

Lebih lanjut dirinay mengatakan, capaian Pembelajaran adalah kemampuan yang diperoleh melalui  internalisasi pengetahuan, sikap, keterampilan, kompetensi, dan  akumulasi pengalaman kerja (Perpres No. 8 tahun 2012 tentang Kerangka  Kualifikasi Nasional Indonesia). Lalu, standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan kriteria minimal tentang  kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan  keterampilan yang dinyatakan dalam rumusan Capaian Pembelajaran  Lulusan (CPL) (Permendikbud No. 3 tahun 2020: Pasal 5 (1).

''Jangan lupa enam bulan sebelum masa akreditasi berakhir, sudah harus mengupload borang,'' tandasnya. (arm)

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://uinjambi.ac.id/