Prof As'ad Isma

Dema UIN Periode 2024-2025 Dilantik, Ini Harapan Rektor UIN Prof As'ad Isma

JAMBI, bungopos.com - Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi, Prof. Dr. Asad, M.Pd. secara resmi melantik Ketua dan Pengurus Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Periode Tahun 2024/2025. Sebanyak 80 pengurus yang diambil sumpah dan dilantik hari ini dipimpin langsung oleh Rektor. Dengan melantik Salman Barara sebagai Ketua DEMA Universitas dan Hadi Maulana sebagai Wakil Ketua DEMA UIN STS Jambi.

Selain keduanya, Rektor juga melantik kabinet pengurus yang terdiri dari beberapa divisi. Kementerian bidang Agama, Sosial, Urusan Dalam Kampus, Urusan Luar Kampus, Budaya, Informasi Komunikasi, Pemuda dan Olahraga. Dr. Jamaluddin, M.Pd selaku Wakil Rektor III dan Wakil Dekan III seluruh fakultas turut menyaksikan pelantikan DEMA Universitas ini.

Salman selaku ketua DEMA Universitas terpilih menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak. Terlebih kepada Rektor dan Wakil Rektor III atas kebijakannya dalam penyelesaian dinamika pasca pemilihan. Penyelesaian masalah yang berlangsung beberapa bulan belakang hingga prosesi pelantikan hari ini bisa berlangsung. “Kami juga mengajak para kawan-kawan yang dilantik hari ini untuk bersinergi dalam mengemban amanah. Tidak lupa juga, kami mohon bimbingan Rektor dan jajaran dalam berkegiatan ke depan,” ucap Salman.

Menyambung apa yang disampaikan Salman, Mujiburrohman selaku Demisioner DEMA UIN STS Jambi periode 2023-2024 menyampaikan bahwa legacy positif sebelumnya yang ditinggalkan oleh DEMA UIN STS Jambi harus terus dilanjutkan oleh pengurus yang dilantik hari ini

Ketika dahulu DEMA dan BEM mengawal dan memberikan peran kepada masyarakat secara luas, salah satunya menyelesaikan konflik agraria yang telah berlangsung 25 tahun di wilayah antara masyarakat dan perusahaan di Jambi, akhirnya terselesaikan dengan peran DEMA. “Saya harapkan kepada pengurus agar membuka ruang berpikir yang luas dalam melihat permasalahan dan isu strategis yang ada di Provinsi Jambi. Kita sebagai mahasiswa harus ikut terlibat mengambil peran dalam masyarakat,” ungkap Mujib.UIN STS Jambi.

Dema harus Lebih Progresif

Prof. Dr. Asad, M.Pd selaku Rektor dalam sambutannya mengajak Dewan mahasiswa universitas untuk menjaga harmoni dan kondusifitas di kampus. “Kita perlu dinamika yang terkontrol dan terukur,” ucapnya.

Sebelum melangkah ke ranah yang lebih luas, Rektor meminta pengurus saat ini harus menyelesaikan problem pribadi baru masalah secara luas. “Saya harapkan para pengurus yang dilantik hari ini dapat melaksanakan tugasnya dan memberikan contoh yang baik serta memberikan kontribusi positif sebagaimana yang disampaikan Mujib tadi,” ujarnya.

“Saya berpesan agar para pengurus untuk mencermati masalah masyarakat secara luas dan ambil peran juga dalam masyarakat. Ke depannya saya harap seorang Ketua DEMA Universitas harus bergerak dengan data dan konsep. Sehingga semua pekerjaan yang terlaksana bisa terukur,” ucap Rektor lagi.

Menutup sambutannya, Rektor menegaskan bahwa ingin DEMA Universitas agar lebih progresif dan menciptakan panggung bagi mahasiswa UIN STS Jambi dalam ruang-ruang sosial kemasyarakatan maupun budaya. (*)

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://uinjambi.ac.id/