STMKG membuka pendaftaran bagi para lulusan SMA dan sederajat untuk menjadi taruna dan bersekolah secara gratis selama 3 tahun. Para lulusannya juga berkesempatan diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan BMKG. STMKG

Ingin Jadi Prakirawan Cuaca BMKG? Yuk Daftar STMKG

JAKARTA, bungopos.com - Masyarakat di Indonesia sangat terbantu dengan informasi mengenai prakiraan cuaca yang diberikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) setiap hari melalui berbagai media massa baik cetak, online, televisi, dan radio. Informasi yang tersaji menjadi bekal penting masyarakat dalam menyiapkan diri dan mengatur jadwal bepergian agar terhindar dari hujan, panas terik atau kondisi cuaca lainnya.

BMKG juga kerap memberikan informasi cuaca untuk kebutuhan para nelayan, pelayaran terkait tinggi gelombang, kecepatan angin di laut. Dunia penerbangan nasional juga turut mendapat pasokan informasi berharga mengenai kondisi cuaca di angkasa termasuk apakah langit cerah, berawan, atau hal lainnya. Semua itu dapat tersaji karena adanya peran para prakirawan atau ahli cuaca di belakangnya.

Tentunya dibutuhkan keahlian khusus agar informasi yang tersaji dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya. Oleh karena itu pihak BMKG membangun akademi khusus untuk mendidik orang-orang agar menjadi ahli cuaca. Lembaga pendidikan itu bernama Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) yang berlokasi di kawasan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

STMKG yang masuk kategori sekolah kedinasan milik pemerintah tersebut saat ini sedang membuka pendaftaran bagi para lulusan SMA dan sederajat untuk menjadi taruna dan bersekolah secara gratis selama 3 tahun. Para lulusannya juga berkesempatan diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan BMKG. Pendaftarannya telah dibuka sejak 15 Mei 2024 dan akan berakhir pada 13 Juni 2024 dan hanya tersedia 120 formasi saja.

Berikut ini adalah tata cara mendaftar sebagai taruna siswa STMKG tahun ajaran 2024/2025 sesuai Pengumuman Nomor B/KP.01.00/004/SU/V/2024 tentang Penerimaan Taruna Baru Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Tahun Akademik 2024/2025. Untuk syarat akademik, ketentuannya sebagai berikut:

  1. Lulus/akan lulus Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau yang sederajat untuk semua jurusan.
  2. Bagi yang lulus pada tahun 2024 dan ijazahnya belum keluar, wajib menggunakan surat keterangan lulus atau surat keterangan aktif di kelas 12.

 

Sedangkan persyaratan umum adalah:

  1. Pria/Wanita Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Sehat jasmani dan rohani dan tidak buta warna, dapat berkacamata dengan lensa spheris maksimal minus 4 D, dan lensa silindris maksimal minus 2 D dan bersedia untuk melakukan pengobatan LASIK dengan biaya sendiri jika diterima/lulus seleksi.
  3. Usia tidak kurang 15 tahun dan maksimal 23 tahun per 1 September 2024.
  4. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.
  5. Bebas narkoba yang dibuktikan dengan tes kesehatan.
  6. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
  7. Tinggi badan pria minimal 160 cm dan wanita minimal 155 cm serta berat badan seimbang.
  8. Bersedia bekerja di BMKG sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Syarat khusus untuk jalur afirmasi di STMKG meliputi:

  1. Memiliki akta kelahiran dan domisili sesuai identitas KTP/KK di Provinsi Papua, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Tengah, Papua Selatan, Papua Pegunungan, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Maluku.
  2. Telah menyelesaikan Sekolah Dasar (SD)/yang sederajat, atau Sekolah Menengah Pertama (SMP)/yang sederajat, atau Sekolah Menengah Atas (SMA)/ yang sederajat di Provinsi Papua, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Tengah, Papua Selatan, Papua Pegunungan, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Maluku.
  3. Bagi peserta afirmasi Orang Asli Papua (OAP) mendapatkan rekomendasi dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) atau Ketua/Anggota dari Majelis Rakyat Papua (MRP).

 

Selain itu, terdapat tata cara mendaftar ke STMKG tahun ajaran 2024/2025 yang meliputi:

  1. Pendaftaran dilakukan secara online dengan membuat akun SSCASN terlebih dahulu di https://dikdin.bkn.go.id.
  2. Memenuhi syarat yang telah disebutkan di atas.
  3. Setelah membuat akun dan mengisi formulir di website BKN, kemudian bisa mengisi formulir lagi di https://ptb.stmkg.ac.id.
  4. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp75.000, biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Rp100.000, dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Rp100.000.
  5. Tata cara daftar dan pembayaran lebih detail bisa dibaca di Buku Pedoman PTB STMKG 2024.

 

Sedangkan tahapan seleksi saat mendaftar STMKG terdiri atas Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk mata pelajaran Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris. Kemudian tes kesehatan mencakup tes kebugaran dan wawancara. 

 

Berikut ini adalah daftar program studi di STMKG berikut dengan alokasi formasi yang tersedia:

D4 Instrumental MKG

Taruna Reguler: 20

Afirmasi Orang Asli Papua (OAP): 2

Afirmasi Non Orang Asli Papua (Non OAP): 2

Afirmasi Kepulauan Riau: 2

Afirmasi Nusa Tenggara Timur: 2

Afirmasi Kalimantan Utara: 2

Afirmasi Sulawesi Tenggara: 2

Afirmasi Sulawesi Tengah: 2

Afirmasi Sulawesi Utara: -

Afirmasi Maluku Utara: 2

Afirmasi Maluku: 2

 

D4 Meteorologi

Taruna Reguler: 20

Afirmasi Orang Asli Papua (OAP): 2

Afirmasi Non Orang Asli Papua (Non OAP): 2

Afirmasi Kepulauan Riau: 2

Afirmasi Nusa Tenggara Timur: 3

Afirmasi Kalimantan Utara: 2

Afirmasi Sulawesi Tenggara: 3

Afirmasi Sulawesi Tengah: 3

Afirmasi Sulawesi Utara: 1

Afirmasi Maluku Utara: 2

Afirmasi Maluku: 4

 

D4 Klimatologi

Taruna Reguler: 10

Afirmasi Orang Asli Papua (OAP): 1

Afirmasi Non Orang Asli Papua (Non OAP): 1

Afirmasi Kepulauan Riau: 2

Afirmasi Nusa Tenggara Timur: 2

Afirmasi Kalimantan Utara: 2

Afirmasi Sulawesi Tenggara: 1

Afirmasi Sulawesi Tengah: 1

Afirmasi Sulawesi Utara: 1

Afirmasi Maluku Utara: -

Afirmasi Maluku: 1

 

D4 Geofisika

Taruna Reguler: 10

Afirmasi Orang Asli Papua (OAP): 1

Afirmasi Non Orang Asli Papua (Non OAP): 1

Afirmasi Kepulauan Riau: -

Afirmasi Nusa Tenggara Timur: -

Afirmasi Kalimantan Utara: -

Afirmasi Sulawesi Tenggara: -

Afirmasi Sulawesi Tengah: -

Afirmasi Sulawesi Utara: -

Afirmasi Maluku Utara: -

Afirmasi Maluku: 2

 

Demikian informasi lengkap untuk mendaftar sebagai taruna di STMKG tahun ajaran 2024/2025. Selamat mencoba dan semoga lolos sebagai taruna dan menikmati pendidikan gratis di sekolah kedinasan pemerintah. (***)

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://indonesia.go.id/