BERBAHAYA : Bila anak kecanduan gadget

Anak Anda Kecanduan Gagdet? Begini Saran Psikolog

 JAKARTA, bungopos.com - Indonesia menjadi negara terlama dalam menggunakan gadget yaitu 6.05 jam per harinya di 2023. Sedangkan menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) penggunaan gadget melebihi 3 jam dalam sehari dapat mengakibatkan kecanduan gadget. Di era globalisasi dengan cepatnya perkembangan teknologi dan informasi membuat siapapun bisa mendapatkan informasi dengan cepat termasuk anak-anak. Dilansir dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), anak yang kecanduan gadget akan mengalami terganggunya kontrol emosi, kontrol diri, tanggung jawab dan nilai moral lainnya.

Menurut Kementerian Kesehatan, anak yang mengalami kecanduan pada gadget otaknya akan memproduksi hormon dopamine secara berlebihan. Hormon dopamine yang diproduksi secara berlebihan tersebut dapat mengakibatkan fungsi Pe Frontal Cortex (PFC) terganggu. Pe Frontal Cortex (PFC) adalah bagian otak untuk mengontrol emosi, kontrol diri, tanggung jawab dan nilai moral lainnya. 

Selain itu, gadget kerap menampilkan hal yang semestinya belum waktunya dilihat oleh anak-anak yang membahayakan anak karena banyaknya fitur atau aplikasi yang tidak sesuai dengan usia anak. Adapun bagi anak-anak yang sudah kecanduan pada gadget kehilangan gadget akan membuat mereka gelisah. Bagaimana mengatasinya?

Dosen Psikologi Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) Devie Yudianto menyampaikan aturan orang tua terkait penggunaan gadget mulai dari batas waktu dan tontonan apa saja yang boleh dilihat anak. 

“Ketika misal anak udah kelebihan waktu yang bisa dilakukan adalah tidak langsung merampas, tapi kayak kasih aba-aba dihitung berapa detik baru diambil hapenya. Terus gunakan juga aturan waktu dan konten apa aja yg boleh dilihat,” ungkap Devie kepada NU Online pekan lalu. (***)

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://www.nu.or.id/