ILUSTRASI : negara Qatar

Qatar Negara Kecil Tapi Kaya Raya, Ini Tempat Laga Timnas Indonesia VS Irak

JAMBI, bungopos.com - Qatar adalah negara Arab berdaulat, terletak di semenanjung Persia di Teluk Arab. Sementara memperoleh kemerdekaan penuh dari Inggris pada tahun 1971, Qatar terus diperintah sebagai monarki absolut sejak pertengahan abad ke-19.

Qatar adalah salah satu negara terkecil di dunia, dan salah satu negara terkaya. Total populasi hanya sekitar 250.000 warga Qatar, ditambah sekitar 1,5 juta penduduk asing yang dipekerjakan terutama di industri minyak dan konstruksi yang berkembang pesat di negara bagian itu.

Qatar juga merupakan produsen minyak terbesar ketiga di dunia dan pemasok utama gas alam cair (Dargin, 2007). Akibatnya, Qatar memiliki tingkat pendapatan tahunan yang luar biasa: pada tahun 2014, PDB per kapita (warga negara) nasional di Qatar diproyeksikan akan menjadi hampir dua kali lipat untuk Amerika Serikat (US $ 106.110, dibandingkan dengan sekitar US $ 54.609) (International Monetary Fund, 2014).

Terlebih lagi, kekayaan minyak yang sangat besar telah memicu perkembangan yang sangat cepat dari ibukota Qatar, Doha, menjadi kota global dalam waktu sedikit lebih dekade, dengan cara yang menggabungkan 'urbanisme instan' dan 'Dubaifikasi' 

Apabila melihat di kawasan Asia, kekuatan sepakbola yang dimiliki Qatar belum bisa menunjukkan prestasi di lingkup kejuaraan regional baik secara klub sepakbola ataupun tim nasional. Klub sepakbola di negara Qatar masih kalah kualitas jika dibandingkan dengan klub-klub yang berasal dari Asia Timur seperti Jepang, Korea Selatan, maupun China.

Prestasi yang paling tinggi yaitu ketika klub sepakbola dari Qatar yang bernama Al-Sadd yang mampu melangkah ke Piala Dunia Antar klub tahun 2011 setelah menang di final Liga Champions Asia melawan Jeonbuk Motors yang berasal dari Korea Selatan (Yanuar, 2011).  (***)

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://repository.upnvj.ac.id/