Ilustrasi

Ini Amalan Amalan Pada Malam Lailatul Qadr

JAMBI, bungopos.com - Malam lailatul qadr adalah suatu malam yang sangat istimewa dan sangat ditunggu-tunggu oleh umat islam selama di bulan ramadhan, Karena malam ini adalah malam diturunkannya Al-Qur’an untuk pertama kali kepada Nabi Muhammad Saw.

Oleh karena itu Allah Swt menjanjikan banyak keberkahan kepada siapa saja umatnya yang mengerjakan dan mendapatkan malam lailatul qadr.
Tidak ada seorang pun di muka bumi ini yang mengetahui secara pasti kapan malam lailatul qadar terjadi. Tujuannya agar kita terus berusaha meningkatkan ketakwaan demi mendapatkan lailatul qadar.

Semoga dengan ketidakpastian keberadaan malam lailatul qadar disalah satu malam terakhir bulan ramadhan, akan memacu semangat umat islam untuk terus konsisten meningkatkan kebaikan dan ibadah dari awal ramadhan hingga akhirnya.

Berikut Amalan-Amalan Lailatul Qadr:

Menunaikan Shalat Malam, Shalat tahajud juga menjadi shalat yang terbaik setelah shalat wajib, Karena di dalam nya terdapat keistimewaan bagi umat muslim yang mengamalkannya. Terkhusu jika dilakukan pada malam lailatul qadr.

  1. Memperbanyak Doa

    Pada malam lailatul qadr para malaikat datang memenuhi bumi untuk mendatangi manusia yang bersungguh-sungguh dalam beribadah. Sehingga para malaikat bersamanya dan mendoakan nya.

  2. Membaca Al-Quran

    Dalam hadits lainnya disebutkan, bahwasannya Rasulullah Saw bersabda, “Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah Maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dengan huruf itu, dan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidak mengatakan Ali Laam Miin itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

  3. Bertaubat

    Malam Lailatul Qadar juga dapat diisi dengan merenungkan kesalahan diri serta ibadah yang sudah dilakukan. Dalam 10 hari terakhir bulan Ramadhan juga jadi kesempatan yang baik dalam memperbaiki diri. Mohonlah ampunan kepada Allah SWT dengan bersungguh-sungguh. Perbanyak bertaubat untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

  4. Itikaf

    Iktikaf adalah berdiam di dalam masjid dengan syarat tertentu dan niat beribadah semata-mata hanya untuk Allah SWT. Ini adalah momen di mana umat Islam bisa lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. (***)

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://umsu.ac.id/