Kementerian Luar Negeri Rumania melalui website mereka mengumumkan dibukanya pendaftaran untuk mendapatkan beasiswa berkuliah di tahun 2024 untuk jenjang pendidikan sarjana (S1), pascasarjana (S2), hingga doktoral (S3). PIXABAY

Beasiswa bagi Pelajar Indonesia dari Pemerintah Rumania

Mengenal dan memahami budaya suatu bangsa tak cukup hanya dengan mempelajari atau membaca buku dan artikel saja. Cara paling efektif adalah dengan berkunjung langsung ke negara tersebut serta tinggal untuk beberapa waktu. Kita bisa berkunjung sebagai wisatawan atau bersekolah di berbagai akademi yang terdapat di negara bersangkutan. Melanjutkan pendidikan di negara orang dengan fasilitas beasiswa menjadi cara terbaik. 

Ada banyak negara di dunia yang membuka kesempatan bagi pelajar-pelajar asing untuk mengenal budaya dan bersekolah di tempat-tempat terbaik di negara tersebut. Rumania menjadi satu di antara sekian banyak negara di dunia yang menawarkan beragam kemudahan mengejar pendidikan terbaik secara cuma-cuma melalui beasiswa.

Rumania merupakan negara seluas 238.391 kilometer persegi dengan populasi mencapai hampir 20 juta jiwa dan berada di Eropa bagian tengah. Berlokasi di bagian utara Semenanjung Balkan, Rumania berbatasan darat dengan Hungaria, Serbia, Moldova, dan Bulgaria. Sejak mengalami Revolusi Rumania pada 1989, pendidikan menjadi salah satu sektor yang sistemnya direformasi.

Dampaknya, pada 2018 diketahui bahwa tingkat melek huruf, masyarakat nyaris menyentuh 100 persen atau mencapai 98,8 persen. Mereka juga membuka diri kepada masyarakat dunia untuk ikut menikmati pendidikan gratis di tingkat perguruan tinggi untuk berbagai jenjang studi di Rumania.

Oleh sebab itu, Kementerian Luar Negeri Rumania melalui website mereka mengumumkan dibukanya pendaftaran untuk mendapatkan beasiswa berkuliah di tahun 2024 untuk jenjang pendidikan sarjana (S1), pascasarjana (S2), hingga doktoral (S3). Hampir seluruh program studi dapat dipilih oleh calon penerima beasiswa kecuali untuk jurusan Kedokteran, Farmasi, dan Kedokteran Gigi. Seluruh perkuliahan akan dilakukan dengan bahasa Rumania sebagai pengantar dan khusus jenjang doktoral dapat memilih kelas berbahasa Inggris.

Pendaftaran sudah dibuka sejak 16 Januari 2024 hingga 16 Maret 2024 dan bisa diikuti oleh pelajar asal Indonesia. Pemerintah Rumania tidak memungut biaya sepeser pun untuk pendaftaran, tes bahasa Rumania, tes bidang doktor, dan tes lainnya. Penerima beasiswa juga akan dibebaskan dari berbagai biaya seperti mengikuti kelas persiapan bahasa Rumania, kuliah, asrama, transportasi lokal, medis darurat dan pandemi, visa pelajar. Mereka juga memberikan bantuan uang saku.

Komponen beasiswa tersebut tidak berlaku bagi pelajar S1 dan S2 yang sedang libur musim panas. Namun jika mahasiswa bersangkutan melakukan kegiatan pendidikan atau mendapat provision legal selama kurun waktu tersebut, maka ketentuan itu tidak dikenakan.

 

Syarat Beasiswa

  1. Warga negara non-Uni Eropa, kecuali:

- Warga negara yang berasal dari Rumania atau bagian dari sejarah Rumania.

- Orang tidak berkewarganegaraan yang mendapat izin tinggal di Rumania.

- Warga negara yang mengajukan atau mendapat suaka di Rumania.

- Anggota atau anggota keluarga dari korps konsulat atau diplomatik untuk Rumania.

- Anggota staf administratif dan teknis dalam misi diplomatik dan kantor konsulat untuk Rumania.

- Penerima beasiswa dari Rumania untuk siklus kuliah yang sama.

  1. Mengirimkan dokumen lengkap.
  2. Menyertakan dokumen pendidikan dari institusi pendidikan terakreditasi atau diakui di negaranya.
  3. Mendaftar sebelum batas waktu pendaftaran.
  4. Memiliki hasil pendidikan yang baik setara minimal 7 atau Baik dalam sistem penilaian di Rumania.
  5. Mematuhi langkah pengiriman lamaran beasiswa.

 

Dokumen Beasiswa

  1. Salinan ijazah yang sudah diperoleh dan terjemahan resminya ke dalam bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, atau Rumania.
  2. Salinan transkrip akademik dan terjemahan resminya.
  3. Salinan akta kelahiran atau dokumen yang setara serta terjemahan resminya.
  4. Salinan tiga halaman pertama paspor atau dokumen identitas nasional dan terjemahan resminya.
  5. CV dalam bahasa Inggris atau Prancis.
  6. Khusus pelamar S2 menyertakan Letter of Intent berbahasa Inggris yang berisi daftar karya ilmiah, publikasi spesialisasi, deskripsi rinci terkait proyek riset yang diajukan beserta persetujuan dengan tutor, yang harus merupakan anggota dari sekolah doktor yang ditunjuk.
  7. Jika mengubah nama, sertakan salinan bukti perubahan nama dan terjemahan resminya.
  8. Jika belum mendapat ijazah, sertakan salinan bukti lulus jenjang sebelumnya dan terjemahannya.
  9. Jika belum lulus, sertakan surat keterangan bahwa pelamar sedang di tahun akhir perkuliahan dan terjemahannya, serta transkrip akademik hingga semester terakhir dan terjemahannya.
  10. Salinan sertifikat penyelesaian kelas persiapan bahasa Rumania atau sertifikat kompetensi bahasa Rumania jika ada.
  11. Salinan surat persetujuan orang tua jika pelamar belum berusia 18 tahun pada saat mulai kuliah dan terjemahan resminya.

 

Pengumuman peserta penerima beasiswa dilakukan pada 15 Juli 2024 dan pemberitahuannya disampaikan melalui email. Jika peserta yang lulus bersedia mengambil beasiswa tersebut, maka diminta untuk mendatangi kantor perwakilan Pemerintah Rumania di negara bersangkutan untuk dibuatkan visa jangka panjang untuk keperluan studi.

Selama berkuliah di Rumania nantinya, penerima beasiswa wajib tunduk dan patuh terhadap setiap ketentuan hukum di negara tersebut. Informasi lebih lanjut tentang beasiswa kuliah S1-S3 ini bisa dicek melalui website di alamat https://scholarships.studyinromania.gov.ro/scholarship-about.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://indonesia.go.id/