DERAJAT LEBIH TINGGI : Orang berilmu mendapat kedudukan yang lebih tinggi dihadapan Allah

Inilah Kemuliaan Guru Dalam Al-Qur'an dan Hadist

JAMBI, bungopos.com - Banyak sekali kemuliaan yang dimiliki oleh orang berilmu di dalam Alqur'an dan hadist. Posisi orang berilmu tentu lebih tinggi daripada yang tidak berilmu, diantaranya sesuai dengan hadist berikut ini : 

1. Dorongan Agar Orang Menjadi Guru

Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung, (Surat Ali ‘Imran ayat 104).

Pesan Rasulullah SAW kepada Abu Darda, “Jadilah engkau sebagai orang berilmu, atau pembelajar, atau penyimak ilmu, atau pecinta ilmu. Namun jangan jadi yang kelima, niscaya engkau celaka,” (HR Al-Baihaqi).

2. Derajat Orang Berilmu Lebih Tinggi 

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat, (Surat Al-Mujadilah ayat 11).

Kaitan dengan ayat ini, Ibnu ‘Abbas menambahkan, “Orang-orang yang berilmu memiliki kedudukan tujuh ratus derajat di atas orang-orang mukmin.”

3. Pahala Jariyah

“Jika seorang insan meninggal, maka terputuslah amalnya kecuali tiga amal: sedekah yang mengalir, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang selalu mendoakan,” HR. Al-Tirmidzi).      (***)

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://www.nu.or.id/